Kubu Ical Harapkan Agung Datang ke Rapimnas Golkar Malam Ini

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Jumat, 12/06/2015 16:33 WIB
Meski memastikan diri seluruh kepengurusan Agung Laskono tidak akan datang, namun Ical tetap berharap Agung menunjukan batang hidungnya, malam ini di Rapimnas. Wakil Presiden sekaligus Mantan Ketua umum Partai Golkar Jusuf Kalla (ketiga kanan) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Golkar versi munas Bali Aburizal Bakrie (kiri) disaksikan Ketua Umum Partai Golkar versi munas Ancol Agung Laksono (kanan) seusai menandatanani perjanjian islah antara kedua kubu, di Jakarta. Sabtu, 30 Mei 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumat (12/6) malam Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional yang berasal dari kepengurusan Musyawarah Nasional Riau 2009. Rapat tersebut akan mengagendakan konsolidasi partai termasuk masa depan pilkada bagi partai beringin.

"Jelas, kami akan konsolidasi persoalan saat ini (perpecahan) dan tentunya masa depan Golkar di Pilkada serentak akhir tahun nanti," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar hasil Munas Riau 2009 Roem Kono, Jumat (12/6).

Demi konsolidasi dan kembali merapatkan barisan, kubu Ical mengaku telah melakukan pendekatan dengan kubu Agung Laksono untuk hadir, karena Agung menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar hasil dari Munas Riau 2009.


"Bang Ical ngundang pak Agung, tapi beliau datang atau tidak kami tidak tahu. Namun kami harapkan beliau bisa datang kerena masuk di kepengurusan Riau," kata Roem

Pascaputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menerima gugatan Ical untuk kembali mengaktifkan kepengurusan Munas Riau 2009 tidak bisa diterima oleh kubu Agung.

Wasekjen hasil Munas Riau yang kini menjadi Ketua DPP kubu Agung, Leo Nababan mengatakan tidak ada alasan bagi kubu Ical untuk kembali mengaktifkan DPP periode 2009-2014. Pasalnya, kepengurusan tersebut telah demisioner pascagelaran munas di Bali dan Jakarta 2014 lalu.

"Kami masih waras dan tidak pernah akan ada menghidupkan kembali Munas Riau. Oleh karena saya pastikan tidak akan datang ke rapimnas (Ical) malam ini," ujar Leo saat berbincang dengan CNN Indonesia.

Alasan lain, kata Leo, adalah pihak Agung yang tengah melakukan banding atas putusan PTUN dan PN Jakarta Utara. Dengan alasan itu, ia mengklaim, maka kepengurusan yang sah adalah kepengurusan yang memiliki surat keputusan dari Mentei Hukum dan HAM.

"Semua kepengurusan 2009 sudah demisioner dan tidak lagi ada rapimnas dari kepengurusan yang telah dimatikan."

Bahkan, kata Leo, pihaknya tidak akan datang dengan alasan silaturahmi sekalipun, karena selama banding, kubu Agung yang ia anggap sah dan legal secara hukum administrasi.

"Bahkan silaturahmi pun kami tidak akan datang, karena itu (kepengurusan Munas Riau) tidak benar." (pit/pit)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK