PTUN Sahkan Golkar Agung, Ical akan Ajukan Kasasi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Sabtu, 11/07/2015 09:01 WIB
PTUN Sahkan Golkar Agung, Ical akan Ajukan Kasasi Wakil Presiden sekaligus Mantan Ketua umum Partai Golkar Jusuf Kalla (kedua kanan) bersama Ketua Umum Partai Golkar versi munas Ancol Agung Laksono (kedua kiri), Ketua Umum Partai Golkar versi munas Bali Aburizal Bakrie (tengah), Sekjen Partai Golkar Versi Munas Bali Idrus Marham (kiri) dan Sekjen Partai Golkar versi Munas Ancol Zainuddin Amali (kanan) menunjukan berkas perjanjian islah antara kedua kubu, di Jakarta. Sabtu, 30 Mei 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara menolak gugatan yang diajukan oleh Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali Aburizal Bakrie terkait dualisme kepengurusan partai. Putusan tersebut Partai Golkar saat ini digawangin oleh Ketua Umum Agung Laksono dan Sekretaris Jenderal Zainudin Amali.

Melalui situs resmi PTTUN-Jakarta.go.id, putusan dengan Nomor 62/B/2015/PT.TUN.JKT, hakim PTTUN mengadili dan membatalkan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta Nomor 62/G/2015/PTUN-JKT tanggal 18 Mei 2015, yang meminta dibatalkannya SK Kemenkumham atas kepengurusan Agung Laksono.

Pertimbangan majelis hakim PTTUN yakni, meskipun kubu Aburizal selaku Penggugat/Terbanding mendalilkan penerbitan SK Menkumham atas kepengurusan Golkar dibawah kepemimpinan Agung Laksono bertentangan dengan perundang-undangan berlaku, namun Menkumham dan kubu Agung Laksono dalam persidangan PTUN telah mengajukan eksepsi dan bantahannya.


Empat hakim yang mengadili adalah Arif Nurdu'a, Didik Andy Prastowo, Nurnaeni Manurung dan Diah Yulidar. Putusan itu diambil dalam rapat permusyawaratan majelis hakim PTTUN Jakarta, Senin 6 Juli 2015, dan dibacakan pada Jumat 10 Juli 2015.

Kubu Agung Laksono pun menerima putusan tersebut dengan baik. Ketua Umum Golkar hasil Munas Jakarta Agung Laksono menilai putusan PTTUN itu membuat kepengurusan yang dipimpin olehnya semakin kokoh kedudukan hukumnya.

Dengan kondisi terakhir, Agung mengatakan dirinya akan tetap melakukan islah terbatas seperti yang diakomodir oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Oleh sebab itu, ia mengatakan dirinya akan tetap menghadiri pertemuan bersama dengan Aburizal Bakrie dan Jusuf Kalla hari ini.

"Memang niat saya tidak di winner takes all, niat saya menampung. Tidak ada pikiran kami mau menang sendiri," ucap Agung, Jumat (10/7).

Sementara itu, Aburizal Bakrie mengatakan sudah dapat dipastikan pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Hal tersebut dilakukannya karena dirinya tetap yakin bahwa Munas dan kepengurusannya yang benar dan sah.

Bendahara Umum Golkar hasil Munas Bali Bambang Soesatyo menegaskan, kepengurusan yang dipimpin oleh Agung Laksono masih belum dapat dikatakan sah karena upaya kasasi yang akan dilakukan pihaknya. Selain itu, ia mengingatkan masih adanya upaya hukum yang sedang diproses di Pengadilan Jakarta Utara.

"Sehingga keputusan banding tersebut belum memiliki kekuatan hukum yang tetap alias belum inkrah," ucap Bambang. (sur/sur)