Antara Warga dan Lontong dalam Open House Wagub Djarot

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Jumat, 17/07/2015 17:00 WIB
Antara Warga dan Lontong dalam Open House Wagub Djarot Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat didampingi Istrinya Heppy Farida saat berbincang di rumah dinasnya, Kamis (25/12). (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walaupun baru merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pertama kali pada tahun ini, namun Djarot Saiful Hidayat sudah memiliki pengalaman menggelar open housesaat menjabat sebagai Wali Kota Blitar pada tahun 2000 hingga 2010.

Ya, hari ini adalah Hari raya Idul Fitri pertama Djarot sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Di hari pertamanya merayakan Lebaran di Jakarta, Djarot akan menjamu para pejabat publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota.

Tak sedikit tugas yang ditanggung Djarot pada Lebaran pertamanya sebagai Wakil Gubernur Jakarta. Mudiknya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama jelas membawa segudang pekerjaan baginya.


Djarot menggelar open house di Balai Kota DKI Jakarta setelah sebelumnya Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Setelah menggelar open house, ia akan langsung berkunjung ke rumah beberapa mantan Gubernur DKI Jakarta dan tokoh-tokoh Betawi.

Kesibukan Djarot di hari pertama Lebaran tidak menimbulkan rasa kaget maupun heran di mata sang istri, Happy Farida. Menurut Happy, Djarot sudah sering menggelar open house dan menghadapi kesibukan di hari pertama Lebaran sejak menjadi Wali Kota Blitar.

"Kalau dulu ya, kami punya tradisi Salat Id di Masjid Agung Blitar bersama warga. Setelah itu, kami kembali ke rumah dinas dan open house dengan masyarakat serta pejabat birokrasi Blitar," ujar Happy kepada CNN Indonesia, Kamis (16/7).

Open house kerap dilakukan Djarot dengan mengundang warga untuk datang ke lokasi acara. Acara silaturahmi bersama pemimpin daerah pun bukan hanya menjadi milik pejabat publik kala Djarot memimpin Blitar lima tahun lalu.

Untuk kali ini, open house yang dihadiri Djarot tidak akan menyertakan masyarakat di dalamnya. Hanya ada pejabat publik dan tokoh-tokoh Betawi yang hadir pada open house di DKI Jakarta.

Tidak diketahui apa sebab tidak diundangnya warga Jakarta ke open house tahun ini..

Happy mengatakan, selama menjadi Wali Kota Blitar, Djarot dan dirinya kerap menghidangkan lontong sayur dan lontong cap gomeh saat Lebaran tiba. Bagi mereka, lontong merupakan makanan wajib kala Lebaran tiba tiap tahunnya.

"Biasanya sih kita identik dengan lontong sayur atau lontong cap gomeh. Kemudian ada juga kami tambahkan sate," ujar Happy.

Kehadiran lontong sayur dan cap gomeh di tiap perayaan Lebaran bukan merupakan tanda sukanya Djarot terhadap makanan tersebut. Menurut Happy, suaminya sebenarnya bukan penggemar lontong yang fanatik selama ini.

"Pasti selalu ada lontong cap gomeh saat Lebaran, karena itu seperti tradisi bagi kami. Bukan karena Bapak suka. Biasa saja sih ya kalau Bapak (dalam memakan lontong) menurut saya," kata Happy lalu tertawa. (hel)