Djarot Bahagia Pertama Kali Rayakan Lebaran di Jakarta

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Jumat, 17/07/2015 09:54 WIB
Djarot Bahagia Pertama Kali Rayakan Lebaran di Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama keluarga berfoto bersama setelah menggelar Open House bersama para Pejabat Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (17/7).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan dirinya sangat bahagia dapat melaksanakan Salat Ied dan merayakan hari raya Idul Fitri untuk pertama kali di ibu kota. Ia juga menitipkan harapannya kepada masyarakat ibu kota yaitu agar warga Jakarta dapat semakin membangun kesabaran dan toleransi antar umat beragama.

"Kita semua warga Jakarta bisa memetik substansi hikmah dari Ramadan dan berlatih kesabaran serta membangun toleransi. Kesabaran, toleransi, dan peduli adalah satu nilai yang bisa kita petik," kata Djarot saat menghadiri acara open house di Blok G Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (17/7).

Setelah melaksanakan ibadah Salat Ied di Masjid Istiqlal, Djarot bergerak ke Balai Kota untuk bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan para pegawai serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta. Ia terpantau hadir sekitar pukul 08.00 WIB, setelah ratusan warga selesai melaksanakan Salat dan menyantap panganan khas lebaran.


Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, terlihat berbagai aneka makanan disuguhkan dalam open house Pemprov DKI Jakarta pagi tadi, seperti soto ayam, lontong sayur, sate ayam, dan opor ayam.

Selepas menggelar open house, Djarot berkata dirinya sangat bahagia pertama kalinya berlebaran di Jakarta, meski ia merasa ada perbedaan antara perayaan Lebaran di Jakarta dengan tempatnya menjabat sebagai Wali Kota dulu, Blitar.

"Terus terang ini baru pertama salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Suasananya beda. Di Blitar itu tetangga-tetangga datang ke rumah, kami buka open house, lalu ada lontong cap gomeh. Tapi kalau di sini saya melihat budayanya beda ya, longgar," ujar Djarot.

Hari ini, Djarot dijadwalkan akan mengunjungi rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebelum melaksanakan salat Jumat dan datang ke kediaman beberapa mantan Gubernur Jakarta selepas Salat. (vws)