Pelabuhan Bakauheni Mulai Dipadati Penumpang

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2015 13:41 WIB
Kepadatan penumpang mulai terlihat sejak pukul 11.00. Sementara untuk antrean kendaraan di dermaga baru terlihat padat menjelang pukul 12.00. Sejumlah kendaraan pribadi, bus dan truk yang akan menyeberang ke Merak, Banten, mengantre di kantong parkir Dermaga V Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (21/7) dini hari. Lonjakan arus balik kendaraan dari Sumatera tujuan Jawa di Pelabuhan Bakauheni diperkirakan akan terjadi hingga H+5 Lebaran, Rabu (22/7). (Antara Foto/Kristian Ali)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Selasa (21/7) siang terpantau lebih padat dari kemarin. Terlihat adanya penumpukan penumpang yang sangat padat di loket pembayaran hingga mencapai pintu keluar.

Menurut petugas Posko PT ASDP Ferry Indonesia di Pusat Monitoring Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan Agus Luthfiyanto, kepadatan penumpang mulai terlihat sejak pukul 11.00. Sementara untuk antrean kendaraan di dermaga baru terlihat padat menjelang pukul 12.00.

Sementara kondisi di dalam pelabuhan yang padat, kondisi di gerbang masuk Pelabuhan Bakauheni terlihat lancar. Tidak ada antrean kendaraan yang mengular.


Untuk kondisi Pelabuhan Merak sendiri masih terlihat lengang dan belum ada kepadatan.

Pelabuhan Bakauheni, Lampung sampai pada pukul 11.00 siang telah kedatangan 11.930 penumpang dan kendaraan bermotor berjumlah 2.721. Semua penumpang tersebut diseberangkan dengan menggunakan 13 kapal.

Kemarin, terhitung sudah 77.491 orang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. Seluruh penumpang, beserta kendaraan roda empat dan roda dua diseberangkan dengan menggunakan 78 trip kapal. Sementara pada hari sebelumnya Minggu (19/7), Pelabuhan Bakauheni telah menyeberangkan 63.396 orang penumpang dengan jumlah trip sebanyak 102.

Pihak ASDP memperkirakan, puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampunh diperkirakan akan terjadi pada Senin (20/7) hingga Selasa (21/7).

Sementara itu Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi masih tampak lancar di tiga hari setelah lebaran meski jumlah pemudik yang menyebrang ke Bali cenderung meningkat.

Berdasarkan keterangan PT ASDP Indonesia Ferry (persero), hingga pagi ini sudah sebanyak 86.255 orang penumpang, 11.727 motor dan 10.160 kendaraan roda empat atau lebih telah kembali menyeberang dari Jawa ke Bali lewat Pelabuhan Ketapang.

Apabila dibandingkan dengan total arus mudik, maka jumlah penumpang yang kembali baru sebesar 18 persen, sedangkan motor dan mobil yang terangkut masing-masing baru 12 persen dan 22 persen.

"Peningkatan arus balik di Ketapang sifatnya gradual dan tidak meningkat drastis. Meskipun meningkat, kondisi Pelabuhan masih sangat lancar bahkan cenderung lengang hingga siang ini," ujar Corporate Secretary ASDP, Christine Hutabarat melalui keterangan tertulis, Selasa (21/7).

Untuk menjaga kelancaran arus balik, jelas Christine, ASDP sudah menyiagakan kapal-kapal untuk operasi dan akan langsung meningkatkan trip kapal agar tidak terjadi kepadatan di pelabuhan. (pit/pit)