Bandara Ditutup, Kepulangan JK ke Jakarta Tertunda

Noor Aspasia Hasibuan, CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2015 07:06 WIB
Bandara Ditutup, Kepulangan JK ke Jakarta Tertunda Gunung Raung mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Melaten, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (12/7). (ANTARA/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Erupsi Gunung Raung di Jawa Timur membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla batal kembali ke Jakarta Rabu kemarin (22/7). Pasalnya, abu vulkanik membuat Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali, ditutup sehingga berdampak pada penerbangan JK.

Ngurah Rai ditutup sejak pukul 13.00 hingga 19.00 WITA. "Semula Wapres bersama rombongan akan kembali ke Jakarta pukul 15.00 WITA. Kemudian direncanakan kembali ke Jakarta hari ini pukul 07.00 WITA," ujar Kepala Biro Pers Bey Machmuddin dalam keterangan yang diterima CNN Indonesia, Kamis (23/7).

Penundaan kepulangan JK itu menimbang faktor keselamatan penerbangan. Hari ini JK akan tiba di Jakarta menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara.


Setibanya di ibu kota, JK akan langsung mendampingi Presiden Jokowi dalam rapat kabinet terbatas pukul 13.30 WIB.

Meningkatnya kembali aktivitas Gunung Raung membuat tiga bandara ditutup sekaligus kemarin. Selain Ngurah Rai, dua bandara di Jawa Timur –Bandara Blimbingsari di Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro di Jember– juga ditutup. (agk/agk)