Singapura Beri Nama Anggrek 'Dendrobium Iriana Jokowi'

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2015 05:45 WIB
Singapura Beri Nama Anggrek 'Dendrobium Iriana Jokowi' Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Ibu Negara Iriana Widodo (kiri) berfoto bersama dengan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam (kedua kanan) dan Mary Chee Bee Kiang (kanan) di Istana Presiden, Singapura, Selasa (28/7). Presiden Joko Widodo beserta delegasi melakukan lawatan kenegaraan di Singapura selama dua hari dalam rangka meningkatkan hubungan kedua negara khususnya dalam bidang ekonomi. (ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi National Orchid Garden, Singapore Botanical Garden, hari ini, sebagai penutup kunjungan kenegaraannya di Singapura.

Dalam kesempatan itu, Iriana mendapat kehormatan karena namanya diabadikan sebagai nama salah satu jenis anggrek yakni Dendrobium Iriana Jokowi.

Berdasarkan situs resmi Sekretariat Kabinet, bunga Dendrobium Iriana Jokowi merupakan jenis bunga anggrek perpaduan antara Dendrobium Christabella dan Dendrobium Haldis Morterud. Anggrek ini merupakan bunga Dendrobium hibrida yang kuat dan bebas.


Tak hanya itu, Dendrobium Iriana Jokowi berbentuk tegak mekar semi-melengkung dengan ukuran 5,6 cm. Kelopak bunganya berwarna putih dan cahaya kuning kecoklatan, sedangkan mahkota bunga berbentuk bengkok dan berwarna kuning kecoklatan sampai cokelat kemerahan.

Ketika mekar, anggrek ini dilengkapi dengan warna kemerahan dan ungu muda di pinggirnya serta warna ungu gelap pada bagian tengah.

Mendapat kehormatan ini, Iriana mengaku sangat gembira. "Suatu kehormatan sekali ya anggrek yang ada di singapura diberi nama Iriana Joko Widodo," ujarnya.

Ia menuturkan, selama ini ia tidak memiliki koleksi bunga, terutama anggrek. Namun di rumah pribadinya ada beberapa tanaman hias yang dirawat.

"Kalau koleksi ndak ya, tapi di rumah ada. Merawat anggrek ini tidak sembarang merawat, karena merawat anggrek harus dengan hati," kata Iriana.

Sementara itu Jokowi berpandangan bahwa pemberian nama ini merupakan diplomasi bunga, karena bunga dijadikan sebagai alat persahabatan.

"Luar biasa, cara menjalin sebuah persahabatan tidak harus dengan sebuah meeting yang formal atau harus ketemu antara diplomat dengan diplomat tetapi cara seperti ini sangat berkesan. Memberi nama Iriana Jokowi sebagai sebuah spesies anggrek, ini diplomasi bunga," katanya. (meg/meg)