Presiden Jokowi Lantik 793 Perwira Akmil dan Akpol

Damar Sinuko, CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2015 09:40 WIB
Presiden Jokowi Lantik 793 Perwira Akmil dan Akpol Presiden Jokowi lantik 793 Perwira Akmil dan Akpol di Markas Akpol di Semarang, Kamis (30/7). (CNN Indonesia/Damar Sinuko
Semarang, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis (30/8) melantik 793 Perwira Akademi TNI dan Akademi Kepolisian di Markas Akademi Kepolisian, Semarang.

Perwira yang dilantik dalam Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2015 ini terdiri dari 215 Perwira Akademi Militer, 100 Perwira Akademi Angkatan Laut, 89 Perwira Akademi Angkatan Udara dan dan 389 Perwira Akademi Kepolisian. (Baca juga: Jokowi Paparkan Tiga Tolok Ukur Keberhasilan Perwira Polri)

Para perwira yang dilantik ini memperoleh pangkat Letnan Dua (Letda) dan Inspektur Polisi Dua (Ipda) serta gelar Sarjana Terapan Bidang Pertahanan (ST.Han) dan Sarjana Terapan Kepolisian (STK) setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun.


Dalam angkatan ini, empat Perwira yang memperoleh anugerah Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik adalah Letda Inf. Angger Panduyudha, ST.Han (Akmil), Letda Laut (P) Adyaksa Yudistira, ST.Han (AAL), Letda.Tek. Dito Sigit Kuncoro, ST.Han (AAU) serta Ipda Fauzi Pratama, STK (Akpol). Penganugerahan Adhi Makayasa juga dilakukan oleh Jokowi. (Baca juga: Kopassus Siap Latih Brimob Survival untuk Buru Teroris)

Sebelumnya, para perwira ini mendapatkan pembekalan berturut-turut selama 4 hari oleh Danjen Akademi TNI, Gubernur masing-masing Angkatan, Menteri Pertahanan, Panglima TNI, Kapolri dan Presiden. (hel)