Soekarwo : Pemerintahan Jokowi Mirip GMNI

Eky Wahyudi, CNN Indonesia | Sabtu, 08/08/2015 14:33 WIB
Soekarwo : Pemerintahan Jokowi Mirip GMNI Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) didampingi istri nina Soekarwo (kanan) menyapa warga ketika berkunjung ke Pondok Pesantren Amanatul, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4). (ANTARA/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kongres III Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jumat (7/8). Ketua Umum Persatuan Alumni GMNI, Soekarwo mengatakan pemerintahan Jokowi punya kesamaan dengan GMNI.

Dalam sambutannya, Soekarwo yang merupakan Gubernur Jawa Timur menjelaskan banyaknya anggota GMNI yang berada di Indonesia, dirinya menyontohkan salah satunya Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri.

"Organisasi GMNI punya banyak kader di Indonesia mulai dari petani hingga presiden, salah satunya Ibu Mega," kata Soekarwo, di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (7/8).


Soekarwo juga mengatakan organisasi yang dipimpinya mengalami masa sulit pada masa orde baru. Namun para alumninya melakukan konsolidasi melalui kongres yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya. Bahkan, Dirinya mengatakan pemerintahan saat ini memiliki kesamaan dengan GMNI.

"Atas dasar mandat ideologis partai pengsungnya pada 2014, Pemerintahan Joko Widodo punya kesamaan dengan GMNI," ujarnya.

Soekarwo juga mengatakan bangsa Indonesia perlu mengembangkan pancasila dengan benar. Menurutnya, Pancasila tidak hanya untuk dihapal namun perlu diimplementasikan. Sebagai bangsa majemuk, Indonesia membutuhkan pancasila sebagai perekat.

Dalam penutupan sambutannya, Karwo berharap penganut ideologi Bung Karno, Marhaenisme, bisa memberikan sumbangsihnya terhadap bangsa dan negara.

"Kaum soekarnois mempertahankan Indonesia dari kesenjangan antardaerah khususnya ideologi pancasila dan menuju masyarakat pancasila. Semoga Soekarnois terus memberikan sumbangsih pada bangsa ini," kata Soekarwo.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia dalam acara ini hadir Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijanto, Menko PMK Puan Maharani dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menghadiri acara ini. Selain itu, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Menteri Tenaga Kerja Ahmad Dhakiri, Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah, Pengacara senior Adnan Buyung Nasution, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Gubernur Jawa Timur dan Ketua Umum alumni GMNI Soekarwo, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saifullah dan kader PDIP menghadiri acara ini. Sementara seluruh alumni GMNI dan Mahasiswa yang tergabung GMNI menghadiri acara ini. (sip)