PKS Pilih Sohibul Iman Jadi Presiden: Dia Kader Terbaik

Anggi Kusumadewi, CNN Indonesia | Senin, 10/08/2015 17:59 WIB
PKS Pilih Sohibul Iman Jadi Presiden: Dia Kader Terbaik Sohibul Iman terpilih sebagai Presiden PKS menggantikan Anis Matta. (Dok. Humas PKS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Keadilan Sejahtera resmi memiliki Ketua Majelis Syuro dan Presiden baru, Senin (10/8). Kursi Ketua Majelis Syuro beralih dari Hilmi Aminuddin ke Salim Segaf Al-Jufri, sedangkan tongkat kepemimpinan partai diserahkan Anis Matta ke Muhammad Sohibul Iman.

“Sohibul Iman dipilih karena dia kader terbaik PKS,” kata fungsionaris PKS Mardani Ali Sera kepada CNN Indonesia usai diumumkannya Presiden dan Ketua Majelis Syuro PKS di Bandung, Jawa Barat.

Sohibul Iman pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR periode 2013-2014 menggantikan Anis Matta yang sebelumnya mundur dari jabatan itu lantaran terpilih sebagai Presiden PKS menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq yang terjerat perkara korupsi.


Sohibul terpilih sebagai anggota DPR untuk periode keduanya pada 2014. Di internal PKS, sejak 2005 dia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKS Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Teknologi.

Sementara Salim Segaf dipercaya sebagai Ketua Majelis Syuro yang baru karena tiga hal. “Keulamaan, senioritas, dan kapasitasnya,” ujar Mardani.

Salim Segaf yang merupakan cucu ulama besar Palu, Sayyid Idrus bin Salim Aljufrie, merupakan Menteri Sosial periode kedua pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya ia menjabat sebagai Duta Besar RI utnuk Arab Saudi dan Oman.

Tugas Salim Segaf ke depannya adalah memimpin Majelis Syuro PKS sebagai forum pengambilan tertinggi partai plus Ketua Dewan Pimpinan Pusat yang terdiri dari Presiden, Sekretaris Jenderal, Bendahara, Ketua Dewan Syariah Partai, Ketua Majelis Pertimbangan Partai, dan Sekretaris Majelis Syuro PKS. (agk/agk)