Pramono Anung dan Darmin Nasution Tiba di Istana

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 13:04 WIB
Pramono Anung datang mengenakan setelan jas lengkap dan dasi merah. Sementara, Darmin, tiba di Istana mengaku mau gladi resik. Darmin Nasution hadir di Istana Negara, Rabu (12/7). Darmin dikabarkan akan dilantik sebagai Menteri Perekonomian. (CNN/ Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung telah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (12/8) sekitar pukul 12.15 WIB.

Pramono datang mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi merah. Ia menebar senyum kepada para pewarta yang sedari tadi telah menanti kedatangannya. Awalnya, ia mengaku datang ke Istana untuk menghadiri pelantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten yang akan digelar hari ini pukul 13.00 WIB. (Lihat Juga: Menteri Kabinet Kerja Bersiap Menuju Istana Negara)

Namun, setelah beberapa kali didesak wartawan untuk memberikan konfirmasi mengenai isu akan dilantiknya dirinya sebagai Sekretaris Kabinet, Pramono tidak menampik maupun mengiyakan. (Lihat Juga: Pramono Anung ke Istana, Megawati Menyusul)


"Tentunya Presiden dengan pengalaman Beliau dalam sembilan bulan ini ada pertimbangan. Cuma saya tidak tahu siapa orangnya," ujar Pramono.

Pramono hanya tersenyum ketika ditanya kesiapannya jika ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet, menggantikan Andi Widjajanto. Ia pun menuturkan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan tiba di Istana sekitar pukul 13.00 WIB. (Lihat Juga: Diisukan Akan Diganti, Andi Widjajanto 'Kabur' dari Kantor)

Selang beberapa menit setelah kedatangan Pramono, mantan Gubernur Bank Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Darmin Nasution, pun tiba di Kompleks Istana Kepresidenan.

Darmin hanya mengucapkan beberapa patah kata kepada wartawan setibanya di Kompleks Istana Kepresidenan. 

"Saya hanya mau gladi resik," kata dia. 

Ia dikabarkan akan dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian, menggantikan Sofyan Djalil.

Sebelumnya beberapa menteri Kabinet Kerja nampak hadir di Istana, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan.

Tak lama setelah Darmin, ekonom Thomas Lembong tiba di Kompleks Istana Kepresidenan bersama ibunda. Ia enggan berkomentar ketika ditanya tujuan kedatangannya. (utd/utd)