Sofyan Djalil Pasrah Digeser Jokowi ke Bappenas

Elisa Valenta, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2015 13:21 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil. (CNN Indonesia/Elisa Valenta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sofyan Djalil mengaku ikhlas jika posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian diganti oleh Darmin Nasution. Sofyan mengatakan posisinya sebagai Menkoperek tidak lagi dipercaya Jokowi sehingga ia dirotasi menduduki kursi yang ditinggalkan Adrinof Caniago sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

"Saya dengar diganti oleh Pak Darmin. Itu bagus saya tahu beliau berpengalaman," ujar Sofyan saat meninggalkan kantornya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (12/8).

Sofyan juga menanggapi kabar dirinya akan dipindahkan ke posisi Kepala Bappenas. Ia mengaku bersyukur Presiden Joko Widodo masih mempercayai dirinya.


"Saya dengar saya dipindahkan ke Bappenas, alhamdulillah negara masih percaya saya. Posisi menteri kan indeferent mana aja yang penting bisa mengkontribusi pada bangsa dan negara," ujar Sofyan.

Dari informasi yang santer beredar, ada enam menteri yang akan diganti oleh Jokowwi untuk mengisi Kabinet Kerja.

Semalam, Selasa (11/8), tujuh menteri dipanggil ke Istana Negara. Mereka yang diduga kuat terkena reshuffle kabinet itu ialah Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Maritim Indroyono Soesilo, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Pagi ini, pengurus Partai NasDem menerima pesan singkat berisi permohonan maaf dari Tedjo selama menjabat sebagai menteri. Dalam pesan itu, Tedjo juga menyampaikan jabatannya selaku Menkopolhukam telah berakhir.

Tedjo disebut bakal digantikan oleh Luhut Panjaitan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Luhut telah terlihat di Istana dengan setelan jas berdasi merah, pakaian khas bagi mereka yang dilantik menjadi menteri.

Sementara di lobi Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, foto Andi Widjajanto telah terpampang di dinding bersama jajaran para mantan Sekretaris kabinet RI.

Andi dikabarkan bakal diganti oleh Pramono Anung, mantan Sekretaris Jenderal PDIP yang kini duduk di DPR RI. Saat ini Pram sudah berada di Istana Negara. Dia bertolak ke Istana dari kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoptri. (pit/pit)