DPRD: Rusun Ahok untuk Warga Bukit Duri Belum Layak Tinggal

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Rabu, 26/08/2015 07:55 WIB
DPRD: Rusun Ahok untuk Warga Bukit Duri Belum Layak Tinggal Rumah susun Cipinang Besar Selatan yang disiapkan untuk warga Bukit Duri. (Detik.com/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Prabowo Soenirman meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk melakukan sosialisasi dan persiapan yang lebih matang sebelum menggusur warga Bukit Duri. Hal ini dilakukan agar mencegah konflik-konflik maupun penolakan yang biasanya terjadi dalam setiap penggusuran.

Salah satu hal penting yang mesti diperhatikan, kata Prabowo, adalah rusun tempat warga yang akan direlokasi. Ia mengatakan, rusun yang disediakan harus laik tinggal.

Dua rusun yang disiapkan di Cipinang Besar Selatan dan Pulo Gebang dinilai Prabowo belum layak untuk ditinggali. Oleh karena itu ia berharap Pemprov DKI harus memperbaiki dulu sebelum memutuskan untuk merelokasi warga.


"Rusunnya juga menyelip di Cipinang Besar Selatan dan Pulogebang, itu jauh sekali dan tidak laik makanya perbaiki dulu fasilitas yang ada baru masyarakat diajak kesana," ujar Prabowo saat ditemui di Gedung DPRD DKI kemarin. (Baca juga: Ahok Siapkan Rusun di Kampung Pulo untuk Warga Bukit Duri)

Selain melakukan persiapan rusun, anggota Komisi D bidang pembangunan itu menyarankan agar Pemprov DKI melakukan beberapa pendekatan yang bisa membuat masyarakat lebih sejahtera di tempat barunya. Pemprov DKI juga harus bisa menentukan langkah antisipasi permasalah yang timbul saat relokasi sehingga bisa ditangani dengan baik.

"Kalau tidak bisa beri ganti rugi, bagaimana caranya mereka harus mendapat rusun yang gratis 1-2 tahun," kata Prabowo.

Selain Pemprov, kepolisian juga diminta menggelar sosialisasi lebih dulu sebelum mengamankan penggusuran. Bentrokan yang terjadi saat penggusuran Kampung Pulo diharapkan Prabow tak terulang.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan sudah menyiapkan dua rusun yaitu rusun Cibesel dan rusun Pulogebang, Jakarta Timur untuk menampung warga Bukit Duri jika akan digusur. (Baca juga: Ahok Siapkan Dua Rusun untuk Warga Bukit Duri)

"Di Cibesel kalau tidak salah ada kira-kira 160 unit, yang di Pulo Gebang kalau tidak salah 150 unit," ujar Ahok.

Selain dua rusun ini, Ahok juga akan menawarkan rusun di Kampung Pulo untuk warga Bukit Duri setelah lahannya digusur. (sur/sur)