KPK Lantik Direktur Penyidikan dan Kabiro Hukum

Aghnia Rahmi, CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2015 11:13 WIB
KPK Lantik Direktur Penyidikan dan Kabiro Hukum Pimpinan KPK yang dipimpin Plt Ketua Taufiqurrahman Ruki (tengah) didampingi Johan Budi dan Zulkarnaen saat memberikan suatu keterangan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/4). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik Direktur Penyidikan baru, Aris Budiman, dan Kepala Biro Hukum, Setiadi, di KPK, Jakarta, Rabu (16/9). Keduanya lolos setelah berhasil melewati sejumlah tes yang dihelat komisi antirasuah.

"Iya sekarang dilantik. Yang melantik Pelaksana Tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki," ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati ketika dikonfirmasi CNN Indonesia.

Aris telah melalui sejumlah tes dan mengalahkan empat calon dari kejaksaan dan empat lainnya dari kepolisian. Rekam jejak Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ini juga telah ditelusuri oleh pihak KPK.


"Ini yang terbaik dari yang baik," kata Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Johan Budi saat jumpa pers, Senin (14/9).

Selain Aris, Setiadi juga menjadi pejabat baru di kalangan lembaga antirasuah. Setiadi pun telah melewati sejumlah tahapan seleksi.

Setiadi mengisi posisi yang ditanggalkan Catharina Girsang lantaran dirinya purna tugas dan kembali mengabdi ke kejaksaan.

Sementara itu, KPK juga tengah mencari posisi lainnya yang masih kosong seperti Deputi Pencegahan. Posisi tersebut telah lama ditinggalkan oleh Johan Budi setelah dirinya dilantik menjadi Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK.

"Deputi Pencegahan sudah kosong sejak saya dilantik Presiden Joko Widodo sebagai pimpinan," katanya.

(obs/obs)