Menteri Agama: 129 WNI Jadi Korban Tragedi Mina

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2015 21:55 WIB
Menteri Agama: 129 WNI Jadi Korban Tragedi Mina Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (27/5). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, sebanyak 129 warga negara Indonesia (WNI) telah teridentifikasi sebagai korban tewas tragedi di Mina, Provinsi Mekkah, Arab Saudi.

Lukman mengaku lega setelah mengadakan konferensi pers di Mekkah. Di sana, ia melaporkan kalau pemerintah telah mengetahui keberadaan 129 jamaah haji yang hilang.
Ia pun mengapresiasi kinerja Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang telah bekerja maksimal.

"Jadi jenazah yang diidentifikasi itu ada 129 dan itu adalah akhir dari seluruh proses identifikasi jenazah karena tidak ada satupun jemaah yang tidak teridentifikasi," kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (16/10).


Sementara WNI yang masih menjalankan haji, ujar Lukman, pada 26 Oktober 2015 nanti akan kembali ke Indonesia. Ia memastikan bahwa di Mekkah saat ini sudah tidak ada jemaah haji dari Indonesia yang tertinggal.
"Mekkah sekarang sudah kosong, tidak ada lagi jemaah haji Indonesia. Seluruhnya sudah bergerak menuju Madinah untuk kemudian menuju Tanah Air dari Madinah dan yang lain bergerak ke Jeddah untuk kemudian bertolak ke Tanah Air," kata dia.

Sebelumnya, Tim Identifikasi Korban Bencana (DVI) Polri telah kembali dari Arab Saudi ke Indonesia sejak kemarin. Selama bertugas, tim yang terdiri atas 10 orang ahli forensik berhasil mengidentifikasi 127 orang warga negara Indonesia yang jadi korban tewas tragedi Mina.
Namun, masih ada dua korban yang belum teridentifikasi. Kepala Tim identifikasi Komisaris Besar Masudi, Kamis (15/10), mengatakan, tim telah berupaya mencocokkan data antemortem dan postmortem yang dimiliki tapi tidak ditemukan kesesuaian. (utd/utd)