Potensi Hujan Merata Belum Sambangi Jakarta

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Senin, 02/11/2015 08:23 WIB
Potensi Hujan Merata Belum Sambangi Jakarta Warga mengikuti shalat Istisqa Nasional di pelataran Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu, 1 November 2015. Pelaksanaan salat istisqa tersebut diinisiasi langsung oleh Wapres dengan harapan agar Allah segera menurunkan hujan dan mengakhiri musim kemarau yang panjang di Indonesia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wilayah di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi telah diguur hujan dengan intensitas yang cukup besar, sejak kemarin malam (1/11). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, untuk kawasan Jabodetabek hujan besar dan merata belum akan terjadi di ibu kota dan kota satelitnya.

"Belum waktunya, meski potensi hujan sudah mulai ada. Seperti Jakarta Selatan sudah mulai hujan sedikit di beberapa tempat," Kepala Sub Bidang Informasi BMKG Hary T Djamiko kepada CNN Indonesia, Senin (2/11).
Menurutnya, awan hujan akan masuk lebih dahulu dari wilayah selatan ibu kota. Seperti beberapa kota seperti Bandung, Sukabumi dan Bogor sudah diguyur hujan dalam intensitas yang cukup tinggi meski dalam waktu yang singkat.

"Dari arah selatan masuknya. Jakarta belum waktunya saja, perkiraan belum dalam pekan ini," ujarnya.


BMKG menyebut saat ini Indonesia telah memasuki pancaroba (peralihan musim) dari kemarau menuju musim hujan. Diperkirakan musim hujan baru akan berlangsung mulai akhir November mendatang.
Ciri-ciri hujan di saat pancaroba yaitu turun dengan intensitas yang deras namun dengan durasi yang pendek, tak sampai 30 menit. Kalau dilihat dari skala peta, luasan hujannya tidak terlalu luas. tak hanya itu, BMKG memperingatkan agar berhati-hati akan adanya angin kencang selama masa transisi yang berkekuatan hingga bisa merusak rumah. (pit/pit)