Kapal Laut Tenggelam di Surabaya, Penumpang Lompat ke Laut

Suriyanto , CNN Indonesia | Senin, 16/11/2015 12:39 WIB
Kapal Laut Tenggelam di Surabaya, Penumpang Lompat ke Laut Kapal motor yang tenggelam di Surabaya, Jawa Timur. (Detikcom/Imam Wahyudiyanta)
Surabaya, CNN Indonesia -- Kapal Motor Wihan Sejahtera yang melayani rute Surabaya-Maumere Flores tenggelam di Dermaga Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/11). Belum diketahui jumlah penumpang di kapal nahas tersebut.

Seperti diberitakan Detikcom, kapal tersebut mulai miring saat masih sandar di dermaga. Saat itu kapal sudah terisi penumpang. Namun kapal kemudian tenggelam terus terseret arus.

Saat kapal akan tenggelam, sejumlah penumpang terlihat berloncatan ke laut.

"Mulai miring tadi pagi di Dermaga Wilmar, kemudian terseret arus hingga tenggelam di kade seberang Teluk Lamong," kata Humas Pelindo III Edi Priyanto.

Petugas dibantu kapal-kapal yang ada di pelabuhan segera memberi bantuan pada penumpang yang berenang di laut. Para penumpang segera dibawa ke Rumah Sakit Pelabuhan Tanjung Perak.

Tercatat sudah 16 orang dirawat di Rumah Sakit Pelabuhan Tanjung Perak. Diperkirakan ada sekitar 100 orang yang ada di kapal tersebut. Sampai saat ini belum diketahui jumlah pasti penumpang.

"Belum tahu jumlah pastinya. Manifes ada di syahbandar," kata kepala Seksi Patroli dan Pengawal Direktorat Kepolisian Air Komisaris Agus Arianto.

Upaya penyelaman akan dilakukan untuk mencari kemungkinan adanya penumpang yang terjebak di dalam kapal. Namun Upaya ini bukannya tanpa kendala.

"Arusnya cukup deras sekarang ini. Nanti akan dilakukan penyelaman," kata dia.