Kepolisian Air Polda Jatim Bantu Cari Korban Kapal Tenggelam

Suriyanto , CNN Indonesia | Senin, 16/11/2015 14:21 WIB
Kepolisian Air Polda Jatim Bantu Cari Korban Kapal Tenggelam Kapal Motor Wihan Sejahtera yang tenggelam di Dermaga Teluk Lamong, Surabaya. (Detikcom/Imam Wahyudiyanta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belum ditemukan korban tewas dalam insiden tenggelamnya Kapal Motor Wihan Sejahtera di Dermaga Teluk Lamong, Surabaya, Senin (16/11). Tim pencari masih berupaya mencari penumpang yang kemungkinan terjebak di kapal nahas tersebut.

Polda Jawa Timur juga ikut menerjunkan personelnya untuk mencari dan mengevakuasi para penumpang. Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan, selain personel dari Kepolisian Air Polda Jatim, juga diturunkan personel Kepolisian Air dari Polres Lamongan.

Polda menurut Argo, juga menurunkan tim SAR dan tim dari Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda.

"Yang jelas kalau korban banyak, kami menurunkan personel yang banyak juga disesuaikan dengan kebutuhan," katanya seperti dikutip dari Antara.

Memang belum ada catatan pasti juga penumpang yang ada di dalam kapal tujuan Surabaya - Maumere itu. Namun saat kejadian, ketika kapal mulai miring, banyak penumpang yang memilih lompat ke laut.

Sejauh ini memang belum ada laporan korban tewas. Lebih dari dari 20 orang korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Pelabuhan Tanjung Perak untuk mendapat perawatan.

"Sekarang kami masih fokus pada evakuasi korban, nanti penyebab (tenggelam) akan ada tim yang mendalami," kata Argo.

Seperti diberitakan Detikcom, kapal tersebut mulai miring saat masih sandar di dermaga. Saat itu kapal sudah terisi penumpang. Namun kapal kemudian tenggelam terus terseret arus.

Saat kapal akan tenggelam, sejumlah penumpang terlihat berloncatan ke laut.

"Mulai miring tadi pagi di Dermaga Wilmar, kemudian terseret arus hingga tenggelam di kade seberang Teluk Lamong," kata Humas Pelindo III Edi Priyanto.

Petugas dibantu kapal-kapal yang ada di pelabuhan segera memberi bantuan pada penumpang yang berenang di laut. Para penumpang segera dibawa ke Rumah Sakit Pelabuhan Tanjung Perak.