Ikuti Latihan Fisik TNI AL, Pegawai Kemenhub Meninggal Dunia

Suriyanto, CNN Indonesia | Rabu, 18/11/2015 07:25 WIB
Ikuti Latihan Fisik TNI AL, Pegawai Kemenhub Meninggal Dunia Ilustrasi latihan baris berbaris. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pegawai Kementerian Perhubungan Dyah Umiyarti Punamaningrum meninggal dunia saat mengikuti pendidikan dan latihan Pembinaan Mental dan Fisik (Bintalsik) di lapangan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) TNI Angkatan Laut, Pasuruan, Jawa Timur kemarin.

Perempuan berusia 41 tahun itu meninggal saat mengikuti latihan baris-berbaris.

Menurut Perwira Seksi Intelijen Kolatmar Letnan Kolonel Purnomo, saat latihan baris berbaris Dyah mengaku pusing dan minta izin keluar barisan untuk berteduh di bawah pohon.

"Kemudian beliau ditangani oleh anggota kesehatan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)," katanya seperti dikutip dari Antara.


Karena kondisinya tak kunjung membaik, Dyah selanjutnya dibawa ke Puskesmas Grati menggunakan ambulans. Di puskesmas, dokter di Unit Gawat Darurat langsung menanganinya. Namun tak sampai satu jam ditangani, Dyah dinyatakan meninggal dunia.

"Jenazah lalu dibawa ke RSUD Sudarsono Pasuruan untuk dilakukan visum," kata Purnomo.

Dari Pasuruan, jenazah korban juga sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di Surabaya untuk diautopsi. Namun saat itu keluarga memilih korban langsung dibawa ke rumah duka di Kendal, Jawa Tengah.

Kemarin sore jenazah korban dibawa pulang dengan menggunakan ambulans dari RS Bhayangkara Polda Jatim menuju Kendal. Tidak ada keterangan dari pihak keluarga maupun pihak Polda Jatim.

Program Diklat Bintalsik yang diikuti Dyah merupakan kerja sama antara Kemenhub dengan TNI Angkatan Laut. Program ini menurut Purnomo diselenggarakan sejak 15 November. Selain materi teori di kelas, dalam program ini juga diajarkan ketahanan fisik, seperti latihan baris-berbaris. (Antara/sur)