Pilkada Serentak, 11,8 Juta Pemilih Jawa Barat Berpartisipasi

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 06:19 WIB
Pilkada Serentak, 11,8 Juta Pemilih Jawa Barat Berpartisipasi KPU Jawa Barat siap menggelar pilkada serentak di delapan wilayah provinsi itu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 11.835.739 orang yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) siap melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di delapan kabupaten/kota Jawa Barat yang tersebar di 25.995 tempat pemungutan suara (TPS) pada hari ini, Rabu (9/12).

"KPU Jawa Barat Insya Allah siap melaksanakan Pilkada Serentak di delapan kabupaten/kota Jawa Barat," kata Ketua Divisi Data Program dan Perencanaan KPU Provinsi Jawa Barat Aang Ferdinand di Bandung, Jawa Barat.

Delapan kabupaten/kota di Jawa Barat yang menggelar Pilkada Serentak 2015 tersebut adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Indramayu.
Salah satu dari delapan daerah yang menurut Aang paling siap melaksanakan Pilkada Serentak di Jawa Barat adalah Kabupaten Tasikmalaya.


Aang mengklaim tingkat kesiapan KPU Jawa Barat dalam melaksanakan Pilkada Serentak sudah mencapai 99 persen.

"Logistik sudah kami distribusikan, seluruh kekurangan sudah ditangani, seluruh alat kelengkapan TPS sudah siap, alat pemindai sudah siap, dan sumber daya manusia pun sudah 100 persen," kata Aang.

"Perlu dicatat, hak pilih masyarakat bersifat partisipasi aktif, artinya tidak bisa dipaksa. Namun kami (KPU) berharap warga bisa menggunakan hak pilihnya nanti," ujar Aang.
(Antara/pit)