Dekat dengan Jakarta, Tangsel Jadi Contoh Pilkada Serentak

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 10:55 WIB
Dekat dengan Jakarta, Tangsel Jadi Contoh Pilkada Serentak TPS di Tangerang Selatan ditinjau oleh pemantau asing dan sejumlah pejabat negara. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Tangerang Selatan, CNN Indonesia -- Sebanyak 264 daerah di Indonesia menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak hari ini. Namun, Pilkada Tangerang Selatan seakan menjadi sorotan sejumlah tokoh penting di Indonesia. Sejumlah pejabat bahkan Presiden Joko Widodo akan memonitor pelaksanaan Pilkada di salah satu daerah di Provinsi Banten itu.

Para komisioner Pemilihan Umum dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo telah berada di Tangsel. Sementara Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan akan menyambangi Tangsel Rabu siang ini.

Sebanyak 130 pemantau asing dari 30 negara juga diarahkan untuk melihat proses penyelenggaraan Pilkada di daerah ini.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, Tangsel jadi pusat perhatian karena posisinya yang paling dekat dari Jakarta.


"Tadinya mau pilih Depok tetapi Depok terlalu jauh. Jadinya, Tangerang Selatan," kata Ferry di TPS 35, Tangerang Selatan, Rabu (9/12).

Pilkada Tangsel memiliki tiga pasang calon kepala daerah. Mereka adalah pasangan Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra, Arsid - Eliver Ariadiannie dan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, .

Hari ini Pilkada serentak akan diselenggarakan pertama kali di Indonesia. Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat 100.461.890 WNI yang akan menyumbangkan suara di Pilkada serentak hari ini.

Sementara, Pilkada di lima daerah ditunda karena masalah hukum. Lima daerah yang ditunda itu adalah Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Fakfak, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, dan Kota Manado.

Sesuai undang-undang, pelaksanaan pilkada di lima daerah ditunda paling lama 21 hari setelah pelaksanaan pilkada serentak. Rencananya pilkada susulan di lima wilayah ini akan digelar pada 20 Desember mendatang. (sur/sur)