Jokowi Pantau Pilkada Serentak di Istana Bogor

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 13:15 WIB
Jokowi Pantau Pilkada Serentak di Istana Bogor Presiden Jokowi meminta rakyat menggunakan hak pilih dalam Pilkada Serentak. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi memantau jalannya pemilihan kepala daerah serentak di Istana Kepresidenan Bogor. Hari ini, Rabu (9/12), kali pertama Pilkada Serentak digelar di Indonesia.

Anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan, hingga siang ini Presiden terus memantau dan menerima laporan tentang perkembangan situasi di daerah-daerah yang menggelar Pilkada Serentak.

Sang kepala negara, kata Ari, saat ini sedang berada di Istana Kepresidenan Bogor.
Jokowi telah menginstruksikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti untuk memberikan laporan berkala dari waktu ke waktu.


Jokowi sebelumnya mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. "Ini pengalaman pertama pilkada serentak. Saya mengimbau rakyat Indonesia di 269 daerah dapat berpartisipasi aktif," kata dia.

"Jangan lupa untuk datang ke TPS (tempat pemungutan suara). Jangan lupa untuk memilih pemimpin-pemimpin Indonesia yang ditentukan oleh saudara-saudara sendiri, oleh rakyat sendiri," kata Jokowi.

Jika nantinya muncul perbedaan pendapat mengenai hasil pemilihan, Jokowi minta hal itu diselesaikan secara damai, demokratis, dan dewasa sesuai Undang-Undang.
(agk)