Calon Tunggal Petahana Tasikmalaya Belum Tentu Menang Pilkada

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 14:05 WIB
Calon Tunggal Petahana Tasikmalaya Belum Tentu Menang Pilkada Bupati petahana Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum (kedua dari kanan) mengaku siap menerima apapun hasil dari Pilkada Serentak 2015 meski ia hanya calon tunggal. (Dok. Uu Ruzhanul Ulum, via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Uu Ruzhanul Ulum peserta tunggal Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyatakan tidak ada lawan dalam pesta demokrasi di Tasikmalaya menjadi beban tersendiri baginya.

"Meski tak ada lawan, sebetulnya ada musuh terberat saya yaitu seperti kejelekan saya," kata Uu usai pencoblosan di TPS 3, Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya, Rabu.

Ia menuturkan Pilkada Tasikmalaya hanya diikuti dirinya bersama Ade Sugianto sebagai Wakil Bupati yang merupakan pasangan pada Pilkada Tasikmalaya sebelumnya.
Pilkada yang hanya satu peserta itu, kata Uu, seolah persaingan diri sendiri, "jadi seolah tidak punya musuh," kata politisi PPP itu.


Ia mengungkapkan Pilkada Tasikmalaya serentak yang hanya diikuti satu peserta itu terasa berbeda dan baru dialaminya selama terjun ke dunia politik.

"Calonnya cuma satu, jadi baru kali ini saya ikut gelaran politik yang rivalitasnya tidak kelihatan," katanya.
Meskipun tidak ada lawan, Uu mengaku sebagai manusia biasa merasa gugup saat akan melakukan pencoblosan. "Saya sangat gugup, agak kaku gimana gitu," katanya.

Uu menegaskan optimistis dapat meraih kemenangan dengan suara setuju terbanyak pada Pilkada Tasikmalaya dengan peserta tunggal. Jika tidak menang, Uu bersama pasangannya Ade Sugianto akan menerima dengan ikhlas sebagai takdirnya.

"Kalau tidak menang nantinya itu semua sudah takdir saya, tapi saya yakin akan bisa menang," katanya.
Pilkada Tasikmalaya dengan peserta tunggal itu terdapat 1.343.640 pemilih yang dihadapkan memilih "setuju" atau "tidak setuju" pada surat suara. (pit/pit)