Pasha Ungu dan Zumi Zola Unggul Sementara di Palu dan Jambi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 14:25 WIB
Pasha Ungu dan Zumi Zola Unggul Sementara di Palu dan Jambi Calon Gubernur Jambi nomor urut 2 Zumi Zola Zulkifli (kanan) bersama istri menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah serentak di TPS 4, Kelurahan Rano, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi, Rabu (9/12). (Antara Foto/Wahdi Septiawa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sigit Purnama alias Pasha 'Ungu' memimpin di perhitungan sementara Pilkada Kota Palu. Berdasarkan perhitungan Lingkaran Survei Indonesia (LSI), pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu, Hidayat dan Sigit Purnomo memperoleh suara sebesar 39,97 persen.

Pasangan ini sementara memimpin dibandingkan tiga pasangan lainnya yakni Hadiyanto Rasyid-Wiwik Jumatul Rofiah (23,32 persen), Habsa Yanti Panulele-Thamrin (20,60 persen) dan Andi Mulhanan Tambolotutu-Tahmidy Lasahido (16,11 persen)
Hasil itu berdasarkan 26 persen data yang diterima hingga pukul 13:50, Rabu (9/12). Pencalonan Pasha dengan Hidayat, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Tengah, ini diusung Partai Amanat Nasional dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Hal serupa dialami pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Zumi Zola dan Fachrori Umar. Mereka unggul dengan persentase sementara 59.07 persen.
Hasil tersebut berdasarkan 29 persen data yang diterima per pukul 13.50 WIB tadi. Pasangan ini unggul dibandingkan pasangan Hasan Basri Agus dan Edi Purwanto yang mengantongi 40.93 persen suara.


Zumi Zola yang sebelumnya terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi ini diusung sejumlah partai seperti Partai Amanat Nasional, Partai NasDem, Partai Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Bulan Bintang.

Teknik penarikan sampel quick count yang digunakan LSI adalah multistage random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 200-400 TPS per wilayah. Perhitungan ini memiliki margin of error sebesar satu persen.
(pit/pit)