Mantan Gubernur Ungguli Wakilnya di Pilkada Sumatera Barat

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 15:34 WIB
Mantan Gubernur Ungguli Wakilnya di Pilkada Sumatera Barat Mantan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama istri menggunakan hak pilih, di TPS 4 Kelurahan Padangbesi, Padang, Sumatera Barat, Rabu (9/12). Pilkada serentak di Sumatera Barat diikuti 42 pasangan calon di 12 kabupaten/kota. (Antara Foto/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petahana Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sementara unggul dengan mengantongi suara 59,77 persen. Hasil itu berdasarkan 54 persen data yang masuk ke Lingkaran Survei Indonesia pada pukul 14:28.

Di Pilkada Sumatera Barat, Irwan Prayitno berpasangan dengan Bupati Nasrul Abit dan diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera.

Irwan memimpin sekitar 19 persen dari lawannya, yakni Muslim Kasim. Irwan Prayitno dan Muslim Kasim merupakan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015.


Muslim menantang Irwan di Pilkada 2015, dan berpasangan dengan Fauzi Bahar yang merupakan bekas Wali Kota Padang. Pasangan MK-FB ini sementara memperoleh dukungan 40,23 persen.

Mereka diusung Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Hanura, PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan.

Teknik penarikan sampel quick count yang digunakan LSI adalah multistage random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 200-400 TPS per wilayah. Perhitungan ini memiliki margin of error satu persen. (pit/pit)