Pasha Ungu Menang Hitung Cepat di Pilkada Kota Palu

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 09/12/2015 18:55 WIB
Pasha Ungu Menang Hitung Cepat di Pilkada Kota Palu Pasha Ungu yang maju bersama calon Walikota Palu Hidayat menang hitung cepat versi Lembaga Survei Indonesia. (Antara Foto/Basri Marzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sigit Purnomo alias Pasha Ungu, berhasil meraup suara terbanyak di Pilkada Kota Palu 2015. Pasha yang mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota, nantinya akan mendampingi calon Wali Kota Palu Hidayat.

Setelah menerima 100 persen data di lapangan, hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan pasangan Hidayat-Pasha mendapatkan suara sebesar 37.76 persen. Pasangan ini diusung oleh Partai Amanat Nasional dan Partai Kebangkitan Bangsa.
Pasangan ini berjanji nantinya akan  menggelontorkan 50 ribu kartu rakyat bagi keluarga tak mampu jika terpilih dalam Pilkada 2015. Pemegang Kartu Rakyat juga bakal memperoleh prioritas pekerjaan di lingkungan mereka, baik negara atau swasta.

Sementara itu, posisi kedua diisi oleh pasangan Hadianto Rasyid dan Wiwik Jumatul Rofiah yang memperoleh dukungan sebesar 26,70 persen suara. Diikuti dengan pasangan Habsa Yanti Ponulele dan Thamrin Samauna dengan perolehan 19,45 persen suara.
Sementara petahana Wakil Wali Kota Palu Andi Mulhanan Tombolotutu hanya mendapatkan suara sebanyak 16.09 persen. Di Pilkada 2015, Andi mencalonkan diri sebagai Wali Kota bersama Tahmidy Lasahid, yang nantinya akan mendampingi sebagai Wakil Wali Kota.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia Gerry M Iqbal mengatakan, meski hasil hitung cepat hanya memiliki margin of error sebesar satu persen, hasil resmi hitungan Komisi Pemilihan Umum yang harus diikuti dan dijadikan acuan.


(pit/pit)