Indonesianis Benedict Anderson Wafat di Malang

Anggi Kusumadewi, CNN Indonesia | Minggu, 13/12/2015 11:41 WIB
Indonesianis Benedict Anderson Wafat di Malang Benedict Anderson meninggal dunia di Batu, Malang, Jawa Timur. (Dok. Cornell University)
Jakarta, CNN Indonesia -- Benedict Richard O’Gorman Anderson yang dikenal dengan sebutan Ben Anderson meninggal dunia di Batu, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (12/12).

“Semalam dia meninggal pukul 23.30 WIB. Sekarang jenazah sedang dibawa ke Surabaya,” kata anak angkat Ben Anderson, Wahyu Yudistira, kepada CNN Indonesia.

Jenazah pakar sejarah dan politik Indonesia yang terkenal dengan karyanya Imagined Communities ini akan dikremasi di Rumah Duka Adi Jasa, Surabaya, Jawa Timur.


Ben Anderson berada di Indonesia untuk peluncuran bukunya yang berjudul ‘Di Bawah Tiga Bendera’, sekaligus menghadiri kuliah umum bertajuk ‘Anarkisme dan Nasionalisme’ di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis pekan lalu.
“Dia sangat suka dengan Indonesia. Usai kuliah umum di UI, dia memang ingin ke Surabaya,” ujar Wahyu. Menurutnya, Ben kemungkinan kelelahan.

Ben Anderson wafat pada usia 79 tahun. Dia merupakan Profesor Emeritus Studi Internasional di Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat. (agk)


ARTIKEL TERKAIT