Jelang Hari Bela Negara, Kemhan Gandeng Musisi Rock

Abraham Utama, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2015 04:46 WIB
Jelang Hari Bela Negara, Kemhan Gandeng Musisi Rock Bela Negara Kemenhan. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertahanan tengah mempersiapkan peringatan hari bela negara yang jatuh Sabtu (19/12) mendatang. Jelang perayaan itu, Kemhan mempublikasikan kerja sama mereka dengan sejumlah musisi rock.

Sekretaris Jenderal Kemhan, Letnan Jenderal Ediwan Prabowo, mengatakan kerja sama tersebut berkaitan dengan pembuatan theme song yang akan mengiringi program bela negara.

"Lagu itu akan diperdengarkan untuk pertama kali pada hari negara nanti," ujarnya kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (17/12).


Lagu andalan pada program bela negara itu berjudul Indonesia Kita. Musisi senior Jelly Tobing dan Renny Djayusman merupakan pencipta lagu tersebut.
Ediwan menuturkan, kolaborasi Kemhan dan sejumlah musisi rock ini telah digagasan sejak tahun lalu. Ia berkata, Kemhan tidak menduga akan mendapatkan dukungan besar dari kalangan musisi.

"Kami terharu karena mendapatkan dukungan moril yang tinggi. Selain respon yang mempertanyakan program bela negara, ternyata ada yang mendukung, yaitu para musisi senior," tuturnya.

Ediwan mengatakan, sejumlah musisi yang bergabung dalam perkumpulan Indonesia Kita itu memiliki semangat menumbuhkan bela negara yang serupa dengan kementeriannya.

"Nilai-nilai itu mereka pahami dan mereka wujudkan melalui lirik lagu membakar semangat," ucapnya.
Ditemui pada kesempatan yang sama, Renny mengatakan, ia dan para koleganya memiliki kerinduan untuk melakukan sesuatu bagi negara. Rasa itu pun mereka salurkan pada sebuah album mini yang salah satu lagunya berjudul Indonesia Kita itu.

"Album ini akan menjadi cenderamata bagi peserta upacara peringatan hari bela negara," katanya.

Pagi tadi, Ediwan mengecek gladi bersih upcara hari bela negara yang rencananya akan berlangsung di Monumen Nasional, Jakarta. Ia berkata, hari itu Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara. (bag)