Jalur Menuju Puncak Ditutup, Warga Diimbau Lalui Ciawi

Utami Diah Kusumawati, CNN Indonesia | Kamis, 24/12/2015 14:58 WIB
Padatnya kendaraan membuat kemacetan terjadi di jalur Puncak. Polisi memutuskan menutup arus menuju Puncak dan membuka kembali pada pukul 20.00 WIB ini. Ribuan kendaraan yang mengarah cawang dan tol cikampek terjebat macet saat melintasi jalan utama dan tol dalam kota di Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (24
Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan lalu lintas Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah di jalur Puncak pada hari Kamis (24/12) ini. Kendaraan yang bisa melewati jalur Puncak adalah dari arah Cianjur menuju Bogor.

Kepala Urusan Pembinaan dan Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor, IPTU Anaga Budiharso, mengatakan jalur menuju Puncak dari arah Jakarta sudah ditutup sejak pukul 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) tadi.

"Kami berlakukan satu arah dari Cianjur menuju Bogor," kata Anaga Budiharso seperti dilansir dari Antara, Kamis.
Anaga mengatakan keputusan satu arah tersebut dilakukan melihat kondisi kemacetan yang mengular dari Gadog hingga tol Sentul Utara.


Penutupan, katanya, diberlakukan sejak KM 45 di Tol Jagorawi dan di Jalan Gadog-Ciawi. Jalur ke Puncak dari arah Jakarta akan kembali dibuka pukul 20.00 WIB malam ini.

"Karena kondisi sudah tidak memungkinkan untuk dipaksakan ke Puncak (dua arah). Arus sudah cukup padat sementara ruas jalan tidak cukup menampung semua kendaraan," ujarnya.
Selama sistem satu arah tersebut, arus lalu lintas menuju Puncak akan dibuang ke Kota Bogor. Imbas dari pembuangan arus ini, lalu lintas di Kota Bogor juga padat di sekitar jalan Raya Tajur, katanya.

Anaga mengingatkan selama penutupan arus terjadi, masyarakat yang hendak ke Puncak atau Bandung diimbau menggunakan jalur lain seperti Ciawi, atau mencari tempat alternatif tempat wisata lainnya. (Antara/utd)