Lintas Bogor-Puncak Ditutup Mulai 18.00 WIB Hari Ini

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Kamis, 31/12/2015 06:44 WIB
Kendaraan arah Puncak dialihkan melalui jalur arteri yang mengarah ke Sukabumi. Sementara kendaraan yang berasal dari Puncak tetap diizinkan melintas. Warga pengguna dan penumpang kendaraan beraktivitas saat terjebak antrean panjang menuju keluar pintu Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jum'at (25/12). Hari ini polisi akan menutup akses ke puncak untuk mencegah penumpukan kendaraan. (Antara Foto/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ruas jalan ke Puncak melalui Bogor akan ditutup oleh kepolisian sejak pukul 18.00 WIB hari ini (31/12). Informasi ini disampaikan pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Bogor melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro yang dicuitkan pada 06.00 WIB.

"Pada malam tahun baru tenggal 31 Desember 2015, jalur menuju Kawasan Puncak akan ditutup pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB esok harinya untuk menghibdari stagnasi dan overload volume kendaraan yang menuju puncak," cuit TMCPoldaMetro, pagi ini.
Imbauan itu pun disampaikan pihak Jasa Marga yang akan mengalihkan lalu lintas jalan tol di ruas Tol Jagorawi akhir tahun 2015 ke arah Sukabumi.

"Pengalihan lalu lintas jalan tol di ruas Tol Jagorawi akhir tahun 2015, arah Puncak/Cianjur dialihkan ke arah Sukabumi sejak 31 Desember 2015 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2016 pukul 06.00 WIB,"


Petugas Jasa Marga Traffic Information Center, Komar mengatakan, penutupan akan dilakukan selepas pintu keluar Tol Ciawi. Kendaraan yang menuju Puncak dialihkan melalui jalur arteri yang mengarah ke Sukabumi.
Sementara untuk kendaraan yang berasal dari Puncak tetap diizinkan melintas, namun diberlakukan situasional. Keputusan buka tutup jalur dikendalikan oleh Satlantas Polres Bogor.

"Kalau yang dari atas ke bawah, itu tergantung polisi. Karena nanti akan ada sistem buka tutup jalan," katanya.

Penutupan ini dilakukan untuk menghindari kemacetan panjang di jalur menuju Puncak. Seperti yang terjadi sejak dini hari tadi, lalu lintas di sekitar Cisarua macet total. Pada pukul 04.30 WIB kendaraan pada dua arah dilaporkan tak bergerak.
Sementara itu pukul 05.03 WIB petugas Jasa Marga menginformasikan, kendaraan di jalur selepas Gadog ditahan karena pemberlakuan satu arah dari Puncak. (pit/pit)