Antisipasi Banjir Jakarta, BPBD Siaga di Sejumlah Titik Rawan

Abraham Utama, CNN Indonesia | Minggu, 03/01/2016 11:01 WIB
Antisipasi Banjir Jakarta, BPBD Siaga di Sejumlah Titik Rawan Ilustrasi banjir Jakarta (CNN Indonesia ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Rei/ama/15)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menerjunkan personel mereka di sejumlah titik rawan banjir di Ibu Kota. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi banjir akibat hujan yang secara konsisten turun, beberapa hari terakhir.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan hal tersebut kepada CNN Indonesia.com, pada Minggu (3/1). "Tim dari BPBD sudah berada di lapangan, di sekitar titik-titik banjir."

Hujan yang turun dua hari terakhir di Jakarta, menurut Sutopo, menimbulkan genangan di beberapa titik. Akibat hujan yang turun pada Jumat (1/1) misalnya, lima wilayah tergenang, yaitu di Jalan Gunung Sahari, Jalan Cempaka Putih, Kelurahan Johar Baru, Perumahan Sunter Hijau dan Jalan Persahabatan Timur.


Setelah hujan pada Sabtu (2/1) kemarin, dua daerah lain di Jakarta juga turut tergenang. BPDB Jakarta mencatat, wilayah itu adalah Kelurahan Ulujami dengan ketinggian genangan mencapai 40 sentimeter dan Kelurahan Cawang.

Seorang warga Kelurahan Kalibata bernama Roni bahkah diduga tenggelam dan belum ditemukan hingga berita ini ditulis.

Sutopo berkata, BNPB memprediksi bencana banjir akan melanda Jakarta pada pekan ke-tiga Januari hingga awal Februari mendatang. Ia menuturkan, rencana kerja yang telah disusun BPBD DKI Jakarta juga didasarkan pada perkiraan tersebut.

"Prediksi ini bisa saja tidak terjadi, namanya saja prediksi. Tapi yang penting semua potensi yang ada sudah disiapkan menghadapi banjir," ucapnya.

Berkaca pada banjir yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, Sutopo mengatakan, puncak hujan di wilayah Jakarta memang terjadi pada awal tahun. Banjir yang melanda Jakarta pada tahun 2002, 2007, 2013 dan 2014 pun tercipta pada pekan ke-tiga Januari hingga awal Februari.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menduga hujan masih akan turun di Jakarta, pada Ahad ini. Berdasarkan Prakiraan Cuaca yang mereka rilis pagi ini, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta wilayah Utara, Pusat, Barat dan Kepulauan Seribu.

Di sisi lain, BMKG menduga hujan berintensitas sedang akan turun di Jakarta bagian Selatan dan Timur. Prediksi serupa juga berlaku bagi empat kota di sekitar Jakarta, yakni Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

(abm/vga)