PKS Masih Berkomitmen Tetap Bersama KMP

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2016 13:24 WIB
PKS Masih Berkomitmen Tetap Bersama KMP Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman. (Muhammad Hilal/RPF)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden PKS Sohibul Iman kembali menegaskan posisi partainya yang tetap berada di Koalisi Merah Putih (KMP). PKS mengaku akan konsisten sesuai pernyataan koalisi di Pemilu 2014.

"Kami sebagai partai dakwah, kami akan selalu berpegang pada ketentuan. Kami berkomitmen di KMP, selama ini KMP baik. Kami tetap di situ. Kami tak akan jadi pihak yang mengawali untuk tidak komit terhadap komitmen," ujar Sohibul di sela Rakornas PKS, di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/1/2016).

Sohibul menegaskan Rakornas yang digelar hari ini tak akan membahas soal posisi koalisi PKS. Soal koalisi PKS hanya bisa diubah lewat keputusan Majelis Syuro.
"Sekarang ini kami Rakornas bukan majelis syuro, jadi tidak membahas itu. Artinya, sesuai keputusan majelis syuro, kami ada di KMP. Kalau kami mau berpindah haluan itu harus ada rapat majelis syuro," tutur Anggota Komisi X itu.


Disinggung bila KMP hanya Gerindra dan PKS, Sohibul tidak terlalu memikirkan dampaknya. Menurutnya, sekecil apapun jumlahnya jika hal itu memberikan dampak yang baik, maka PKS kana tetap di KMP.

"Insya Allah, kekuatan politik di luar pemerintahan, seberapa kecil, seberapa besar pun itu tetap berikan peran yang baik, signifikan kuat terhadap bangsa ini," katanya.
"Insya Allah, pemerintah tetap membutuhkan sparing partner. Seberapa besar seberapa kecil, itu bukan persoalan," ujarnya. (pit/pit)