Ahok Kesulitan Kunjungi 21 "Sister City" Jakarta

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Selasa, 26/01/2016 14:02 WIB
Ahok Kesulitan Kunjungi 21 Meski telah mendapat mandat dari mantan Gubernur Fauzi Bowo untuk mengunjungi beberapa Sister City, Ahok mengaku belum dapat melaksanakan mandat tersebut. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama baru saja menandatangani kerja sama Kota Kembar (Sister City) dengan Duta Besar Mesir untuk Indonesia Bahaa El Deen Bahgat Ibrahim Dessouki. Dalam kesempatan yang sama, Basuki sempat menyebut bahwa Kairo (Ibu Kota Mesir) bukan satu-satunya Sister City dari Jakarta.

Basuki menjelaskan, setidaknya Jakarta memiliki 21 Sister City yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Hanya saja, belum semua Sister City tersebut sudah dikunjungi oleh Ahok.

"Ada 21. Bayangkan jika saya harus mengunjungi 21 Sister City tersebut dan saya hanya bisa mengunjungi satu bulan sekali maka dalam setahun saya hanya mengunjungi 12 Sister City saja," kata Basuki saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (26/1).


Ahok, sapaan Basuki, mengungkapkan bahwa dia telah mendapat mandat dari mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo agar menyempatkan diri untuk berkunjung ke Sister City.

Meski mengaku tidak sanggup, Ahok menyebutkan dia akan berusaha untuk bisa mengunjungi Sister City suatu hari nanti.

Ahok pun menceritakan ada satu Sister City yang terus memintanya agar datang ke sana, yaitu London. Melalui Wali Kotanya, Alexander Boris de Pfeffel Johnson, Ahok diminta agar bisa mengunjungi Sister City dalam waktu dekat.

"Boris ini sudah teriak agar saya datang, mungkin suatu hari dia sudah jadi Perdana Menteri saya belum datang juga," katanya.

Menurut Ahok, ada satu masalah yang sedang dia hadapi dan menjadi alasan dia tak bisa berkeliling mengunjungi Sister City dalam waktu dekat. Masalah itu adalah hujan dan banjir yang masih mungkin menghampiri wilayah Jakarta.

Ditambah lagi, kata Ahok, badai La Nina masih mengancam Indonesia dan berpeluang membuat hujan deras dari Juni 2016 hingga Februari 2017.

"Kami harus kerja keras karena itu pas dengan rangkaian pemilihan (Pilkada 2017). Masa nanti saat pendaftaran Pilkada 2017 laut pasang dan menyebabkan banjir," kata Ahok

"Mungkin (akan keliling Sister City) menunggu semuanya agak beres terlebih dulu." (meg/meg)