Jokowi Panggil Menteri Nila Antisipasi Penyebaran Virus Zika

Utami Diah Kusumawati, CNN Indonesia | Rabu, 03/02/2016 11:34 WIB
Jokowi Panggil Menteri Nila Antisipasi Penyebaran Virus Zika Menteri Kesehatan Nila Moelek dipanggil Jokowi ke Istana untuk membahas antisipasi atas virus Zika yang menyebar cepat di negara-negara tropis. (CNN Indonesia/Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Kesehatan Nila F Moeloek siang ini ke Istana Negara untuk membahas penanganan dan antisipasi terhadap virus Zika.

"Hari ini dalam rapat terbatas, Presiden akan meminta keterangan dari Menteri Kesehatan terkait virus Zika," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (3/2).
Johan menegaskan, pemanggilan Jokowi atas Menteri Nila tersebut bukan karena virus Zika sudah masuk ke Indonesia, melainkan untuk tujuan antisipasi dan pencegahan.

"Segala sesuatu, enggak cuma Zika, tapi wabah penyakit apapun harus segera disikapi sebelum terlambat," ujar Johan.


Menurut Johan, pemerintah Indonesia ingin bertindak cepat sehingga bisa terwujud langkah aksi untuk penanganan kasus virus Zika yang saat ini sudah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan.
Sementara terkait kemungkinan travel warning bagi warga Indonesia yang hendak bepergian ke negara-negara yang rawan persebaran virus Zika, Johan mengatakan keputusan soal itu akan diambil setelah pembahasan bersama dengan Kementerian Kesehatan.

"Kami tunggu keputusan strategis dari rapat terbatas Presiden dengan Menteri Kesehatan hari ini," kata Johan.
(agk)