Presiden Jokowi Tiba di California Amerika Serikat

Anggi Kusumadewi, CNN Indonesia | Senin, 15/02/2016 09:57 WIB
Presiden Jokowi Tiba di California Amerika Serikat Selain menghadiri KTT ASEAN-AS di California, Jokowi akan bertemu para CEO perusahaan teknologi yang bermarkas di Silicon Valley, antara lain Facebook dan Twitter. (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Palm Springs, California, Amerika Serikat, mejelang senja waktu setempat, setelah menempuh perjalanan panjang dengan dua kali transit di Guam dan Honolulu.

Jokowi, didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan rombongan, terbang ke California untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS.

Di Rancho Mirage, California, yang memiliki perbedaan waktu sekitar 15 jam dengan Jakarta, Jokowi disambut oleh Duta Besar RI untuk AS Budi Bowoleksono, Kepala Asisten Protokol AS Gladys Boluda, dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC Marsma Fajar Sumaridjadi.


Pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS di California, Presiden AS Barack Obama akan menjadi tuan rumah. Konferensi akan digelar dua hari, 15-16 Februari, di Sunnylands.
Di AS, Presiden Jokowi juga dijadwalkan bertemu para CEO perusahaan teknologi yang bermarkas di Silicon Valley, antara lain Facebook dan Twitter.

Dalam agenda yang diterima oleh CNNIndonesia.com, setelah menghadiri KTT ASEAN-AS pada 17 Februari, Jokowi direncanakan berkunjung ke kantor pusat Facebook di San Francisco. Selama satu jam di sana, Jokowi didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan bertemu dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Selain ke kantor pusat Facebook, Jokowi diagendakan menyambangi Googleplex, kompleks yang menjadi markas raksasa teknologi Google.

Jokowi pun dijadwalkan menyambangi kantor pusat Twitter. Seluruh kunjungan ke kantor-kantor teknologi AS itu berkaitan dengan e-commerce di Indonesia.
(Antara/agk)