Benda Diduga Bom di Plaza Kalibata Dijinakkan Tim Gegana

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2016 13:47 WIB
Benda Diduga Bom di Plaza Kalibata Dijinakkan Tim Gegana Polisi mengamankan lokasi benda mencurigakan yang diduga bahan peledak, di kawasan Mall Kalibata, Jakarta, Selasa, 23 Februari 2016. Tim gegana mengamankan sebuah kardus kotak kardus berwarna coklat, setebal 10 inch, panjang x lebar 10 x 20 cm. yg terlihat dr luar hanya kabel2 saja yang ditemukan satpam Mall Kalibata. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah benda mencurigakan diduga bom berhasil dijinakkan oleh Unit Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya. Benda tersebut tergeletak di Warung Tekko, Plaza Kalibata, Rawajatii, Pancoran, Jakarta Selatan.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jakarta Selatan Komisaris Purwanta mengatakan, benda tersebut pertama kali ditemukan oleh saksi sekitar pukul 08.30 WIB.

"Saksi sedang bersih-bersih area warung Tekko.  Saksi melihat ada kardus yang berbentuk kotak berwarna coklat dan oleh saksi dibiarkan karena dikira jebakan tikus yang dipasang oleh karyawan Pizza Hut," ujar Purwanta dalam pesan singkat, Selasa (23/2).


Purwanta mengatakan, sekitar pukul 10.30 WIB saksi yang merasa curiga kemudian melaporkan adanya benda tersebut kepada pihak Pizza Hut. Pihak Pizza Hut lantas melaporkan adanya benda mencurigakan tersebut ke pihka keamanan Plaza Kalibata.

"Setelah dilaporkan kepada security Plaza Kalibata selanjutnya dilaporkan ke Polsek Pancoran, melalui Babinkamtibmas," ujarnya.

Setelah menerima laporan, Polsek Pancoran kemudian bergerak ke lokasi dan melakukan sterilisasi dengan memasang police line di tempat tersebut. Lalu, kata Purwanta, Polsek Pancoran menghubungi Gegana Polda Metro Jaya untuk menindaklanjuti adanya benda mencurigakan tersebut.

"Anggota Polsek Pancoran mendatangi tempat kejadian perkara, memasang Police Line,  dan menghubungi Gegana Polda Metro Jaya. Pukul 12.15 WIB, Unit Gegana Sat Brimobda Polda Metro Jaya tiba dan langsung melakukan olah TKP," ujarnya.

Setelah melakukan olah TKP, Gegana berhasil memindahkan benda tersebut ke mobil penjinak bom dan memastikan TKP telah steril.

"Tim Gegana menyatakan TKP sudah steril dan meninggalkan lokasi," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, kotak tersebut berukuran 10x20 centimeter dan ada beberapa kebel yang ada di kotak kardus tersebut. (pit/pit)