Langkah Emil 'Pindah' ke Jakarta Semakin Nyata

Aulia Bintang, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2016 15:40 WIB
Langkah Emil 'Pindah' ke Jakarta Semakin Nyata (kiri-kanan) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berkunjung ke Balai Kota, Jakarta. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberikan pernyataan bahwa dirinya akan mengumumkan keputusan terjun di Pemilihan Gubernur 2017 atau tidak pada Senin (29/2) mendatang. Namun terlepas dari itu semua, Ridwan menegaskan dirinya tak melakukan persiapan apa-apa jika nantinya ikut Pilgub 2017 di DKI Jakarta.

"Tak ada persiapan, saya kan tidak melakukan apa-apa," kata Ridwan saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/2).

Meski begitu, bukan berarti elektabilitas Emil, sapaan Ridwan Kamil, menurun saat dia tak melakukan apa-apa. Menurut Emil, elektabilitasnya saat ini naik meskipun hanya sedikit.


"Elektabilitas naik sedikit ya alhamdulillah," kata dia.
Namun terlepas dari itu semua, Emil menegaskan bahwa keputusan dia maju atau tidak tetap akan diambil Senin pekan depan. Semua itu akan tergantung pada silaturahim yang akan dilakukan ke beberapa tokoh nasional di Indonesia.

Selain itu, Emil mengungkapkan kesiapannya berhadapan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jika nanti benar-benar maju di Pilgub 2017.

"Dalam hidup kan biasa kalah atau menang," katanya.

Sebelumnya Emil mengungkapkan akan segera memutuskan apakah akan berpartisipasi di Pemilihan Gubernur 2017 atau tidak.
"Saya pengumuman maju atau tidak hari Senin ya (29/2)," kata Emil.

Emil menjelaskan pada akhir pekan besok dirinya akan mengunjungi sejumlah tokoh nasional untuk meminta wejangan perihal keputusannya maju atau tidak di Pilgub 2017. Sayangnya, dia tak mau membuka siapa saja tokoh yang akan dia datangi.

Namun dia memastikan orang terakhir yang akan didatangi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Pokoknya terakhir ke Pak Prabowo," kata dia.

Senin (29/2) dipilih oleh Emil karena dia sudah menghitung banyak hal, salah satunya deadline April yang dia tetapkan sendiri.
"Karena ada deadline April maka saya hormati dan Senin ambil keputusan. Ini harus matang," ujar Emil. (pit/pit)