Kelakar Ganjar Ikut Bersaing di Jakarta Lawan Emil dan Ahok

Aulia Bintang, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2016 20:56 WIB
Kelakar Ganjar Ikut Bersaing di Jakarta Lawan Emil dan Ahok (kiri-kanan) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berkunjung ke Balai Kota, Jakarta, Kamis (25/2). (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memutuskan Senin (29/2) sebagai waktu bagi dirinya mendeklarasikan apakah maju di Pemilihan Gubernur 2017 atau tidak. Sambil berkelakar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung memotong dengan mengatakan dirinya juga akan maju di Pilgub 2017.

"Jadi Senin ya? Saya Selasa," kata Ganjar saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/2).

Entah serius atau tidak, yang pasti pernyataan tersebut disampaikan Ganjar dengan gayanya yang selalu membubuhkan tawa di akhir kalimatnya.


Setelah itu, Ganjar sama sekali tak menjawab pertanyaan apakah dirinya benar-benar akan maju di Pilgub 2017 di DKI Jakarta atau tidak. Hanya saja, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terus menggoda dengan mengatakan Ganjar punya peluang untuk maju di Pilgub 2017.
"Jika (saya) tak digunakan PDIP bisa memajukan Pak Ganjar nih," kata Basuki.

Ahok, sapaan Basuki, menyebutkan bahwa baik dirinya, Ganjar, maupun Ridwan Kamil jangan bertengkar sebelum tahapan Pilgub 2017 dimulai. Khusus untuk Ganjar, Ahok mengatakan keduanya berteman sehingga sudah mengetahui baik dan buruk masing-masing.

"Jangan berantem karena berdua ini kan calon bahaya. Ini teman ilmu, boroknya sudah tahu, repot nanti," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengatakan jikalau ketiganya maju di Pilgub 2017 maka tidak akan ada persaingan yang tak sehat di antara mereka. Semuanya, kata Ganjar, akan baik-baik saja.
"Kalau ada sesuatu yang tidak sepakat ya mungkin kita akan bersaing baik-baik," ujarnya.

Sebelumnya Emil mengungkapkan akan segera memutuskan apakah akan berpartisipasi di Pemilihan Gubernur 2017 atau tidak.

"Saya pengumuman maju atau tidak hari Senin ya (29/2)," kata Emil.

Emil menjelaskan pada akhir pekan besok dirinya akan mengunjungi sejumlah tokoh nasional untuk meminta wejangan perihal keputusannya maju atau tidak di Pilgub 2017. Sayangnya, dia tak mau membuka siapa saja tokoh yang akan dia datangi.
Namun dia memastikan orang terakhir yang akan didatangi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Pokoknya salah satunya ke Pak Prabowo," kata dia.

Senin (29/2) dipilih oleh Emil karena dia sudah menghitung banyak hal, salah satunya deadline April yang dia tetapkan sendiri.

"Karena ada deadline April maka saya hormati dan Senin ambil keputusan. Ini harus matang," ujar Emil.
(pit/pit)