Ahok Targetkan Taman di Kalijodo Selesai Dalam 6 Bulan

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Selasa, 01/03/2016 12:27 WIB
Ahok Targetkan Taman di Kalijodo Selesai Dalam 6 Bulan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah memiliki desain apa-apa saja yang akan dibangun dalam taman di Kalijodo pasca penertiban kemarin. (CNN Indonesia Photographer/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah memiliki desain apa-apa saja yang akan dibangun di Kalijodo pasca penertiban kemarin. Menurut Basuki, pembangunan tersebut akan memakan waktu paling lama enam bulan.

"Kondisi tanahnya akan kami rapikan selama satu bulan dan kerjanya lima bulan. Jadi paling lama enam bulan taman sudah selesai," kata Basuki saat ditemui di kawasan Cilincing, Selasa (1/3).

Ahok, sapaan Basuki, mengungkapkan di lokasi seluas empat hektare tersebut akan dibangun ruang publik terpadu ramah anak dengan ukuran besar. Menurut dia, di dalam RPTRA tersebut juga akan dibangun tempat ibadah seperti masjid.

Tak hanya itu, Ahok juga ingin agar di dalam RPTRA tersebut dibangun tempat olahraga yang ramah untuk disabilitas, serta jalur pejalan kaki yang dilengkapi dengan penunjuk bagi kaum tuna netra.


"Toilet juga harus ada agar bisa dimasuki oleh orang yang menggunakan kursi roda. Jadi sebenarnya kami sudah punya desain dan tinggal kerja saja.,” kata dia.

Penggusuran bangunan di kawasan Kalijodo dilakukan Senin (29/2) 07.30 WIB tadi. Pembongkaran kawasan Kalijodo berlangsung tanpa ada resistensi warga Kalijodo terhadap penggusuran kawasan tempatnya tinggal.

"Alhamdulillah hari ini pembongkaran dilakukan tidak ada perlawanan. Data sampai saat ini sudah ada 200 KK lebih masuk ke Rusun Marunda, jumlah jiwa 553 yang ber-KTP Jakarta. Mereka yang bukan KTP Jakarta ada yang pulang kampung, yang mengontrak mencari tempat lain. Untuk pekerja seks mereka pulang kampung," kata Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi kemarin. (bag)