Ahok: Pembuang Kulit Kabel Ingin Saluran Air Jakarta Tertutup

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Rabu, 02/03/2016 11:01 WIB
Ahok: Pembuang Kulit Kabel Ingin Saluran Air Jakarta Tertutup Seorang pekerja membersihkan kulit kabel listrik yang menutup saluran air di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/2). (ANTARA/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) curiga pembuang kulit kabel di sejumlah got di Jakarta Pusat memang bertujuan agar saluran air tertutup. Ia berharap pelakunya bisa segera tertangkap.

"Prinsipnya, semua saluran air di Jakarta enggak boleh tertutup agar tidak banjir. Jadi, yang sengaja atau enggak sengaja membuang kulit kabel itu, dia pintar sebetulnya, dia ingin saluran ini tertutup," kata Ahok saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Rabu (2/3).

Pasalnya, Ahok sudah menemukan hal ini terjadi pada 2014 lalu. Ahok berpikir masalah itu sudah selesai. Namun, ketika muncul kejanggalan berupa banjir di kawasan Jalan Merdeka Utara, ia pun mulai curiga lagi bahwa kejadian itu terulang.

"Saya pikir mana mungkin Jalan Merdeka banjir, mana mungkin ring ini tergenang. Pompa pasar ikan semua beres. Selama di sana beres, di Jalan Merdeka enggak mungkin ada genangan air. Makanya saya curiga, eh ternyata benar," katanya.


Selain itu, Ahok menjelaskan kulit kabel di Jakarta memang sering digunting atau diambil orang. Terkait persoalan kulit kabel yang dibuang ke got tersebut, ia mengatakan pihaknya melalui Dinas Tata Air DKI Jakarta telah melaporkan kasus ini ke kepolisian.

"Sebenarnya banjir Jakarta tidak susah diatasi asal pembagian air ke semua saluran rata. Makanya tahun ini saya akan bikin tanggul 3,8 meter.
Beberapa tanah bersertifikat di Kemang juga rencananya mau kami beli untuk mengatasi masalah banjir ini," katanya.

Ahok mengatakan daerah Kemang sering kali tergenang ketika hujan karena adanya permasalahan saluran air tersebut. Bila pemilik tanah bersedia, ia mengatakan berniat menjadikan beberapa tanah tersebut menjadi embung (cekungan penampung air).

"Misalnya, tempat golf kan selama ini jadi tampungan air karena Kemang Villagge dibangun. Mau enggak dia jual," kata Ahok.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat dilakukan pengecekan pada Rabu pekan lalu, petugas menemukan tumpukan pembungkus kabel yang menggulung di gorong-gorong seputar Jalan Merdeka. Kulit kabel yang berhasil dikumpulkan mencapai 12 truk. (sip)