Kepala BMKG: Tidak Ada Laporan Terjadinya Tsunami

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Rabu, 02/03/2016 21:33 WIB
Kepala BMKG: Tidak Ada Laporan Terjadinya Tsunami Andi Eka memastikan tsunami tidak terjadi di wilayah padang. (CNNIndonesia Rights Free)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya, membantah kabar telah terjadi tsunami di wilayah Padang, Sumatra Barat, menyusul terjadinya gempa berkekuatan 8,3 SR di 682 kilometer Barat Daya Kepulauan Mentawai, Rabu (2/3) malam.

"Kami punya kantor di sana, kepala stasiun di sana juga memastikan bahwa tidak terjadi tsunami. Kalau belum itu bukan berarti bahwa sudah terjadi," ujar Andi kepada salah satu stasiun televisi swasta nasional.

"Masyarakat tetap perlu waspada dengan melihat seperti yang tadi dikatakan kalau terjadi penyurutan air laut tentu ini akan berdampak ke sesuatu yang lebih berbahaya. Tapi, sampai sekarang belum dilaporkan hal-hal tersebut," sambungnya.


Terkait pencabutan peringatan tsunami, Andi mengatakan hingga kini pihaknya masih akan memantau perkembangan situasi di lapangan sebelum benar-benar mencabut peringatan.

"Menurut SOP kami harus menunggu sampai satu jam sesudah informasi pertama mengenai potensi tsunami. Dan kalau kemudian dalam keadaan kepastian yang lebih besar, kami tentunya akan segera sesuai SOP akan mencabut," tegas Andi.

Mengenai kabar surutnya air laut di wilayah Aceh yang merupakan indikasi akan terjadinya tsunami, Andi pun kembali mengatakan kabar tersebut tidak benar.

"Kalau saya lihat mekanisme dan cauknya, titik yang saat ini kami laporkan, itu tidak benar. Kawan-kawan di aceh sudah melihat itu tidak terjadi," ujar Andi.

Gempa berkekuatan 8,3 SR terjadi di 682 kilometer Barat Daya Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer berpotensi tsunami.

"Gempa terjadi pukul 19:49:41 WIB, lokasi:5.16 LS,94.05 BT, pada 2 Maret 2016. Potensi Tsunami," kata Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kepada CNN Indonesia, Rabu (2/2).

Dari pemutakhiran informasi yang diperoleh BNPB, peringatan dini tsunami telah dikeluarkan di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darussalam, dan Lampung. (har)