Pantauan Udara TNI AU: Kondisi Mentawai Normal

Anggi Kusumadewi, CNN Indonesia | Kamis, 03/03/2016 13:01 WIB
Pantauan Udara TNI AU: Kondisi Mentawai Normal Lokasi gempa Mentawai. Suasana di Mentawai berangsur normal pascagempa 7,8 SR. (CNN Indonesia/Anggit Gita Parikesit)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil pemantauan udara pesawat Boeing 737 TNI Angkatan Udara menunjukkan Kepulauan Mentawai dalam kondisi normal. Pesawat yang diterbangkan dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, itu berputar di atas Mentawai dengan membawa sejumlah awak media.

“Semua wajar, tidak ada perubahan. Kondisi Mentawai yang berupa perkampungan, dari atas terlihat normal,” kata Komandan Lanud Padang, Kolonel Penerbang I Putu Gede Suastika, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (3/3).

Menurut Putu, Kapolda Sumatra Barat telah berkomunikasi langsung dengan Polsek-polsek di Mentawai melalui radio ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) –alat komunikasi yang bisa digunakan dengan baik di Mentawai pascagempa.
“Kapolda koordinasi dengan Polsek-polsek Mentawai lewat radio ORARI. Hasil obrolan itu, suasana di Mentawai mulai tenang meski semua tetap waspada,” ujar Putu.


Sejumlah anggota Komando Resort Militer (Korem) dari Sumatra Barat pun bergerak ke Mentawai untuk melihat kondisi di sana.

Menurut Putu, pemerintah daerah setempat sebelumnya telah membangun rumah-rumah sederhana di bukit atau lokasi tinggi untuk mengantisipasi bencana gempa dan tsunami. Dengan demikian masyarakat tahu harus menuju ke mana jika gempa terjadi.

Semalam, gempa 7,8 Skala Richter mengguncang Mentawai dan membuat warga panik. Penduduk bergegas menuju bukit-bukit tinggi. Badan SAR Nasional menyatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
(agk)