Kunjungi UNS, Jokowi Berikan Kuliah Umum

Basuki Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 11/03/2016 08:14 WIB
Kunjungi UNS, Jokowi Berikan Kuliah Umum Presiden Joko Widodo diagendakan mengunjungi Kampus UNS Surakarta dan meninjau pembangunan Waduk Gondang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat pagi ini (11/3).(CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Universitas Sebelas Maret, Surakarta, untuk memberikan kuliah umum dan meninjau pembangunan Waduk Gondang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pagi ini.

Dalam siaran pers dari Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Jumat (11/3), disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo akan memberikan kuliah umum pada Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Lustrum ke-8 Universitas Sebelas Maret.

Setelah memberikan kuliah umum, Presiden akan melanjutkan kunjungan menuju Waduk Gondang, Kecamatan Kerja, Kabupaten Karanganyar, dengan berkendaraan mobil.


Di waduk ini, Presiden akan disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Waduk Gondang dibangun untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan sebagai pengendali banjir di wilayah Karanganyar, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Waduk tersebut juga berfungsi untuk menambah pasokan air baku di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Selama ini daerah irigasi di kawasan tersebut sepenuhnya mengandalkan pasokan air dari Bengawan Solo, sehingga setiap musim kemarau tiba pasokan air akan berkurang dan menimbulkan kekeringan serta gagal panen.

Waduk Gondang direncanakan memiliki volume tampung total 10 juta m3 untuk mengairi daerah irigasi seluas 4.680 hektare.

Selain itu, waduk juga diperhitungkan dapat memberikan pasokan air baku sebesar 200 liter/detik yang digunakan untuk budi daya perikanan dan pariwisata.

"Proyek infrastruktur yang bersumber dari APBN ini akan rampung lebih awal pada tahun 2017 dan sudah bisa dimanfaatkan," kata Menpupera Basuki pada Desember 2015.

Usai meninjau Waduk Gondang, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba pada petang hari di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. (Antara/obs/obs)