Ahok Siapkan Bus Asal Swedia Pengganti Metromini

Alfani Roosy Andinni, CNN Indonesia | Jumat, 11/03/2016 14:34 WIB
Ahok Siapkan Bus Asal Swedia Pengganti Metromini Interior bus Transjakarta baru bermerk SCANIA. (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba bus Scania premium Low City Bus. Rencananya bus asal Swedia itu akan menggantikan Metromini yang selama ini menjadi andalan masyarakat sebagai alat trasportasi umum di ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok mengatakan bus Scania didesain agar para penumpang lebih nyaman. Sehingga itu lebih menguntungkan pengguna angkutan umum.

"Bentuk kursinya sudah seperti bus wisata. Dia juga lebih besar dari pada bus biasa," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/3).
Bus Scania dilengkapi elevator untuk memudahkan kaum disabilitas dan manula. Dengan elevator, pengguna kursi roda mudah menaiki bus.


Menurut Ahok, selama ini pelayanan bus di Jakarta tidak terlalu memperhatikan penyandang cacat. Menurutnya, bus Scania dapat mempermudah para penyandang yang ingin berpergian di Jakarta dengan menggunakan trasportasi umum.

Ahok memilih merk Scania karena salah satu merk terkenal. Menurut Ahok, kecenderungannya negara-negara maju beralih ke bus dengan merk yang populer.

"Saya tidak ingin beresiko, beli bus yang merk gak jelas. Australia pakai apa? Eropa pakai apa? Di Tingkok pakai apa juga? Yang umum yang top, seperti di Singapura, jadi bisa Scania, bisa Mercedes, Eolvo, ya kita maunya itu," katanya.

Ahok mengungkapkan, bus pengganti Metromini ini akan berada dibawah TransJakarta. Pemprov DKI Jakarta akan menugaskan TransJakarta ke seluruh rute.
"Dulu, saya kira kebijakan kami salah, ketika kami hanya berkonsentrasi memperbaiki busway. Pdahal banyak orang yang terpaksa naik bus jelek," tuturnya.

Ahok mengaku tak bermaksud untuk membuat operator bus swasta bangkrut dengan adanya wacana pembelian bus Scania itu. Namun dia mengajak operator bus swasta untuk bersaing.

Hingga kini pemerintah provinsi belum membahas sumber pendanaan.  "Minimal akhir 2017 reformasi bus akan beres, tahun ini saja kalian sudah bisa rasakan perbedaannya, termasuk halte pun saya minta design yang berbeda," katanya.
(yul)