Pengemudi Taksi Konvoi ke Jakarta, Bandara Macet Parah

Suriyanto, CNN Indonesia | Senin, 14/03/2016 11:03 WIB
Pengemudi Taksi Konvoi ke Jakarta, Bandara Macet Parah Pengemudi taksi Bandara Soekarno Hatta menggelar konvoi menuju Jakarta untuk berunjuk rasa. (Dok. Polres Bandara Soekarno Hatta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan armada taksi di Bandara Soekarno Hatta menggelar konvoi. Akibat kemacetan hingga 3 kilometer terjadi di kawasan bandara internasional itu.

Konvoi digelar pengemudi taksi menuju Jakarta Pusat untuk bergabung dengan rekan-rekan mereka yang mengelar demonstrasi di Balai Kota DKI Jakarta, Istana Negara dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Kepala Subbagian Humas Polres Bandara Soerkarno Hatta Ajun Komisaris Sutrisna, kemacetan yang terjadi sejak dari pintu tol bandara hingga di tiga terminal yang ada di Bandara.

"Macetnya luar biasa, sekitar 2 hingga 3 kilometer," kata Sutrisna kepada CNN Indonesia, Senin (14/3).


Diperkirakan ada sekitar 300 armada taksi yang konvoi bertolak menujuk Jakarta Pusat. Kebanyakan taksi dengan merk Blue Bird dan Express. Mereka menunggu rekan mereka di kilometer 29 tol Bandara.

Kapolres Bandara Soekarno Hatta Komisaris Besar Roycke Harry Langie menurut Sutrisna bahkan turun tangan mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan di pintu tol bandara.

Meski macet panjang, aktivitas bandar menurut Sutrisna tak terlalu terganggu. Calon penumpang yang terjebak kemacetan menurutnya memanfaatkan jasa ojek untuk sampai ke terminal.

Para pengemudi taksi yang berunjuk rasa mendesak pemerintah melarang keberadaan angkutan pelat hitam berbasis aplikasi telepon pintar. Selain tak berizin, keberadaan angkutan pelat hitam itu dinilai melanggar undang-undang.

Para pengemudi taksi merasa mata pencahariannya dirampok dengan keberadaan angkutan pelat hitam tersebut. (sur/sur)