Survei: Ahmad Dhani Oke, Tapi Ahok Tetap Populer

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Rabu, 30/03/2016 16:51 WIB
Survei: Ahmad Dhani Oke, Tapi Ahok Tetap Populer Survei politik Charta Politika memperlihatkan Ahmad Dhani memiliki kepopuleran 91 persen berbanding Ahok (97). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Ahmad Dhani ternyata memiliki tingkat popularitas yang tinggi di mata warga DKI Jakarta. Dalam survei politik jelang Pilkada DKI Jakarta 2017 yang dilakukan lembaga Charta Politika, tercatat ada 91 persen responden yang mengaku kenal dan tahu sosok pentolan band Dewa 19 itu.

Pada survei tersebut kepopuleran Dhani hanya kalah oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Ahok, sapaan Basuki, tercatat dikenal oleh 97 persen responden.

Walaupun populer, namun banyak juga warga yang tidak menyukai sosok Dhani. Salah satu Bakal Calon Gubernur dari Partai Kebangkitan Bangsa itu tercatat hanya disukai 45 persen responden survei Charta Politika.


"Elektabilitas Dhani juga rendah, hanya 0,3 persen masyarakat yang ingin memilih dia dalam Pilkada DKI Jakarta. Sementara Ahok disukai 84 persen warga dan dipilih 50 persen lebih responden," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantornya, Rabu (30/3).

Walaupun surveinya menempatkan Ahok sebagai Cagub unggulan di mata warga Jakarta, namun Charta Politika mencatat pilihan para responden masih dapat berubah jelang Pilkada mendatang. Yunarto berkata, 39 persen responden masih berpeluang mengganti pilihannya dalam pesta demokrasi nanti.

"Tingginya angka kemantapan pemilih yang mencapai 50 persen diperkirakan akan menyulitkan lawan-lawan Ahok. Padahal pemilu masih cukup lama, tapi angka kemantapan sudah cukup tinggi," katanya.

Wakil Gubernur Populer

Dalam kesempatan yang sama, Charta Politika juga menyampaikan hasil survei terkait sosok Calon Wakil Gubernur yang paling populer di mata warga ibu kota. Hasilnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menempati urutan tertinggi sebagai Cawagub paling potensial.

"Untuk Calon Wakil Gubernur, Djarot dipilih oleh 11,8 responden. Namanya ada di atas Abraham Samad yang dipilih 10 persen warga, dan Abraham Lunggana dengan dukungan 7,5 persen," katanya.

Bakal Cawagub pilihan Ahok saat ini, Heru Budi Hartono, disebut memiliki popularitas yang sama dengan Lulung yaitu sebesar 7,5 persen. Sementara Politisi Golkar Tantowi Yahya mendapat dukungan dari 6,8 responden untuk menjadi Wagub DKI Jakarta mendatang. (bag)