Ahok Bangun Rumah Susun Rawa Bebek Khusus untuk Buruh

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Senin, 25/04/2016 13:13 WIB
Ahok Bangun Rumah Susun Rawa Bebek Khusus untuk Buruh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan membangun rumah susun khusus bagi para buruh. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan membangun rumah susun (rusun) khusus bagi para buruh. Salah satu yang telah tersedia saat ini adalah rusun Rawa Bebek, di Cakung, Jakarta Timur.

Namun Ahok, sapaan Basuki, menyayangkan sikap para buruh yang enggan tinggal di rusun tersebut. Ia menduga para buruh tak berminat tinggal di rusun lantaran dapat menurunkan standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

"Buruh itu selalu menuntut upah tinggi karena sewa rumah mahal. Tapi dikasih rusun enggak mau karena harga sewa turun, takutnya ngaruh ke penghasilan mereka," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/4).


Ahok menuturkan, para buruh tersebut mesti mengubah pemikirannya. Sebab sama saja jika buruh punya penghasilan besar tapi sewa tempat tinggal dan biaya transportasinya mahal.

Menurut Ahok, para buruh itu mesti memperhatikan besaran uang yang tersisa setelah gaji yang digunakan untuk KHL.

"Itu yang lebih penting, jadi produktivitasnya juga baik. Kamu (buruh) boros, maksa orang naikin gaji ya enggak bisa," katanya.

Rencananya Ahok akan kembali membeli lahan di Cilincing, Jakarta Utara untuk membangun rusun bagi buruh. Pemilihan lokasi rusun di Cilincing karena letaknya berdekatan dengan Kawasan Berikat Nusantara (KBN). (bag)