Pemprov DKI Rombak Kalijodo Pakai Dana CSR

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 05/05/2016 05:10 WIB
Pemprov DKI Rombak Kalijodo Pakai Dana CSR Warga mengais sisa-sisa perabotan di antara bangunan yang dirobohkan di kawasan Kalijodo, Jakarta, Selasa (1/3). (Antara Foto/Yudhi Mahatma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merombak kawasan Kalijodo yang telah ditertibkan pada Februari lalu menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjamin perusahaan yang menyumbang dana CSR hanya akan mendapatkan keuntungan berupa pemasangan merek perusahaan.

"Pembiayaannya semua CSR. Saya juga kasih dia tempel merek saja. Jadi ini yang dapat Sinarmas Land," kata Basuki yang disapa Ahok di Balai Kota, Rabu (4/5).


Namun, Ahok belum mengetahui jumlah pasti besaran dana tersebut. Dia memperkirakan nilainya berkisar Rp50 miliar hingga Rp60 miliar.

Ahok mengklaim Pemrov sudah memiliki rancangan Kalijodo. Di sana, katanya, akan dibuat sarana olahraga bagi anak muda.

"Desainnya sudah fix, dari dulu sudah ada. Cuma kita mau mengantisipasi keinginan anak-anak muda," ujar Ahok.

Menurut Ahok, akan dibuat arena bermain skateboard dan juga sepeda berstandar internasional. Dia juga berkeinginan untuk mengadakan kompetisi tingkat internasional di tempat itu.

"Kita punya atlet internasional, walaupun sarananya enggak punya," tutur Ahok.

Sementara untuk Sungai Krendang yang letaknya di belakang Kalijodo, kata Ahok, akan diperbagus agar orang-orang dapat bermain air di sungai tersebut.  

"Kami mau buat perjanjian, langsung mereka kerjakan. Saya minta bisa selesai akhir tahun lah," ujar Ahok. (ags/ags)