Cek Angkutan Lebaran, Jonan Pastikan Seluruh Armada Diperiksa

Suriyanto, CNN Indonesia | Kamis, 16/06/2016 15:29 WIB
Cek Angkutan Lebaran, Jonan Pastikan Seluruh Armada Diperiksa Menhub Ignasius Jonan mengatakan seluruh armada angkutan lebaran akan diperiksa untuk meminimalisir kecelakaan selama mudik. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa langsung kesiapan angkutan Lebaran 2016 di Malang, Jawa Timur, Kamis (16/6). Dari Jakarta ke Malang, Jonan naik kereta api.

Dua lokasi yang menjadi titik pengecekan adalah Stasiun Kotabaru di Kota Malang dan Bandara Abdurahman Saleh di Kabupaten Malang.

"Kami akan terus mengevaluasi seluruh armada dan jalur mudik Lebaran tahun ini, apalagi Pak Presiden Joko Widodo berharap zero accident untuk transportasi umum," kata Jonan di Stasiun Kotabaru seperti diberitakan Antara.


Ia mengatakan evaluasi seluruh armada tersebut dilakukan sejak dua bulan lalu sampai 23 Juni nanti. "Perbaikan pelayanan, dan tepat waktu harus jadi andalan," kata bekas Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu.

Dari hasil evaluasi itu, kata Jonan, sudah ditemukan beberapa armada yang dilarang beroperasi karena tak laik. Ia meminta armada yang tak layak itu segera diperbaiki untuk kemudian diperiksa lagi sebelum diperbolehkan beroperasi.

Menurut Jonan, pemeriksaan angkutan Lebaran pada tahun ini, akan dilakukan pada seluruh armada, baik untuk bus, kereta api, maupun pesawat. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang pemeriksaan hanya dilakukan pada sampel armada saja.

Khusus pesawat, pemeriksaan akan dilakukan pada 529 unit pesawat se-Indonesia dengan batas waktu hingga 23 Juni mendatang.

"Ini amanat Presiden agar sarana transportasi umum maksimal. Layanan harus lebih baik, tepat waktu, dan sebagainya," tuturnya.

Selama di Stasiun Kotabaru, Menhub meninjau kesiapan gerbong kereta, kondisi stasiun dan rel KA. Jonan kemudian meninjau Bandara Abdurrahman Saleh sebelum bertolak ke Banyuwangi. (sur/sur)