Tito Karnavian sang Jenderal Muda

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 17/06/2016 07:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisaris Jenderal Tito Karnavian, lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1987, jadi calon tunggal Kapolri. Ia langkahi lima angkatan di atasnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisaris Jenderal Tito Karnavian, diajukan Presiden Jokowi ke DPR sebagai calon tunggal Kapolri. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian berjabat tangan dengan 'rival'-nya di bursa pencalonan Kapolri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso, dalam rapat dengan Komisi III Bidang Hukum di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Juni 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Penunjukan Komjen Tito Karnavian oleh Istana cukup mengejutkan karena Tito, yang merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1987, meloncati para jenderal yang lebih senior lainnya. Tito melangkahi lima angkatan di atasnya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Komjen Tito Karnavian bercengkerama dengan para anggota Komisi III DPR sebelum memulai rapat. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Karier Komjen Tito Karnavian melejit sejak dia menjadi bagian dari Tim Kobra, memimpin penangkapan Tommy Soeharto pada 2001 dalam kasus pembunuhan hakim Agung Safiuddin Kartasasmita. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Komjen Tito Karnavian sesungguhnya tak masuk daftar calon Kapolri pilihan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri yang diserahkan ke Kompolnas. Wanjakti mengajukan Budi Gunawan, Budi Waseso, dan Dwi Priyatno. Kompolnas kemudian menambahkan nama Tito sebelum dalam rekomendasinya kepada Presiden. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Komjen Tito Karnavian menyatakan siap menghadapi uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Ia berkata, pengajuannya sebagai calon Kapolri merupakan kepercayaan dari Presiden dan amanah Allah. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Komjen Tito Karnavian menyatakan paham dia termasuk junior dibanding sejumlah jenderal di atasnya. Namun, kata dia, senioritas bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Komjen Tito Karnavian mendapat ucapan selamat dari para anggota Komisi III atas penunjukannya sebagai calon Kapolri. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Komjen Budi Waseso menyatakan rekannya, Komjen Tito Karnavian, patut terpilih sebagai kandidat Kapolri, dan tak perlu dititipi pesan macam-macam sebagai calon pemimpin. Buwas yakin, Tito sudah paham tugas di hadapannya. (CNN Indonesia/Safir Makki)